Apa Sajakah Syarat-Syarat Masuk Islam ?

Di Publikasikan 23 Mar 2013 // Oleh pendidikan islam // Kategori Masuk Islam //

A. Syarat Masuk Agama Islam

Apa sajakah syarat masuk agama islam ? Syarat untuk masuk agama Islam sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengucapkan Kalimat Syahadat (Rukun Islam yang Pertama), yaitu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ ُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُﷲ
ASYHADU AN-LAA ILAAHA ILLALLAH WA ASYHADU AN-NA MUHAMMADARROSUULULLOH
Atinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

I love IslamCukup mudah bukan? Dalam islam memang semuanya mudah dan tidak dipersulit, namun karena kita tinggal dalam suatu negara yang tentu diberlakukan hukum / aturan-aturan tertentu, maka untuk mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat masuk islam dibutuhkan sebuah bukti tertulis.

Secara adminitratif resmi kenegaraan, silahkan datang  ke KUA (Kantor Urusan Agama) terdekat, nanti semua keperluan dan jawaban akan diurus,  Akan ada prosesinya seperti akad nikah, setelah itu kamuakan dapat identitas baru dan dapat piagam.
Sebagai pelengkap persyaratan masuk-islam di KUA, siapkan saja persyaratan berikut :

  1. Pernyataan masuk Islam bermaterai
  2. Fotocopy KTP sebanyak 3 lembar
  3. Phas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
  4. Saksi beragama islam 2 orang

Setelah anda masuk islam dengan pernyataan syahadat, maka selanjutnya adalah melaksankan RUKUN ISLAM yang lainnya, yaitu, Sholat, Zakat, Puasa, dan Haji (jika mampu),  jika anda tidak menerima hukum-hukum islam maka itu urusan anda, dan dihari kiamat nanti anda termasuk orang-orang yang merugi. sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:
ومن يكفربا لا يمن فقد حبط عمله وهوفى الا خرة من ألخسرين

Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) Maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat Termasuk orang-orang merugi (Q.S: Al-Maidah: 5)

B. Syarat Sah Kalimat Syahadat

Apakah ada syarat syah diterimanya shayahdat ? Apa sajakah syarat sahnya kalimat syahadat, sehingga dapat menjadikan sahnya seseorang memeluk Islam ?

Seorang yang masuk islam itu cukup mengucapkan syahadat dengan lidahnya, Barangsiapa yang mengucapkan dan mengikrarkan dengan lisannya, maka dia menjadi orang Islam. Dan berlaku baginya hukum-hukum Islam, walaupun dalam hatinya dia mengingkari, urusan hati kita serahkan kepada allah, karna allah pemilik hati manusia.

Karena kita diperintahkan untuk memberlakukan secara lahirnya. Adapun batinnya, kita serahkan kepada Allah. Dalil dari hal itu adalah ketika Nabi saw. menerima orang-orang yang hendak masuk Islam, beliau hanya mewajibkan mereka mengucapkan dua kalimat Syahadat. Nabi saw. tidak menunggu hingga datangnya waktu salat atau bulan Puasa (Ramadhan).

Alkisah – Di saat Usamah, sahabat Rasulullah saw, membunuh orang yang sedang mengucapkan, “Laa ilaaha illallaah,” Nabi menyalahkannya dengan sabdanya, “Engkau bunuh dia, setelah dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah.” Usamah lalu berkata, “Dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah karena takut mati.” Kemudian Rasulullah saw. bersabda, “Apakah kamu mengetahui isi hatinya?”

Saya kira cukup singkat saja pembahasan mengenai syarat-syarat masuk agama islam, meskipun singkat tentunya anda dapat memahaminya bukan? Semoga berguna!

Wassalam Wr.Wb.

Kata kunci : syarat masuk islam | foto ikan nun | syarat syarat masuk islam | syarat masuk agama islam | syarat sah masuk islam | syarat masuk islam bagi pria | syarat-syarat masuk islam |
Apa Sajakah Syarat-Syarat Masuk Islam ? pendidikan islam 23 Mar 2013. Apa Sajakah Syarat-Syarat Masuk Islam ?

A. Syarat Masuk Agama Islam Apa sajakah syarat masuk agama islam ? Syarat untuk masuk agama Islam sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengucapkan Kalimat Syahadat (Rukun Islam yang Pertama), yaitu ASYHADU AN-LAA ILAAHA ILLALLAH WA ASYHADU AN-NA MUHAMMADARROSUULULLOH Atinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah, dan aku bersaksi bahwa [...]

4.9 pendidikan islam

One comment on “Apa Sajakah Syarat-Syarat Masuk Islam ?

  1. yasir on said:

    Masuk Islam itu tidak semudah membalikan telapak tangan, ada hal-hal yang harus diketahui dan disepakati, karena ini menyangkut perjanjian kepada Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.