Bagaimanakah Status Perkawinan Pisah 3 Tahun ?

Assalamualaikum,

status perkawinankarena suami saya tidak menghadiri proses sidang beberapa kali, dan pengadilan agama mengembalikan surat nikah saya, kemudian suami saya meninggalkan saya dan anak-anak selama 3 thn tanpa memberikan nafkah lahir batin dan pihak keluarga suami tidak begitu perduli dengan keadaan tersebut,

hampir 1 thn lalu tiba-tiba suami datang dan bermaksud kembali kepada saya dan anak-anak, jujur saja hati saya masih sakit dan kecewa dan saya tidak pernah ridho dengan kelakuannya selama ini jika sampai saat ini saya tidak pernah mengajukan gugutan cerai itu karena saya agak trauma dengan proses persidangan yang pernah saya jalani, saat ini suami saya bersikap seolah-olah tidak pernah terjadi apapun, bahkan berkomunikasi dengan orang tua sayapun dia enggan.

yang ingin saya tanyakan, Bagaimana status perkawinan kami dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan?

JAWABAN STATUS PERKAWINAN PISAH 3 TAHUN

Dua prinsip dasar dari masalah perceraian yang perlu diketahui oleh anda dan suami adalah bahwa kata cerai yang diucapkan atau ditulis oleh suami itu mengakibatkan jatuhnya talak pada istri tanpa harus menunggu keputusan Pengadilan Agama,sedangkan gugat cerai dari istri pada suami itu baru terjadi apabila diputuskan oleh Pengadilan Agama.

Dengan demikian, maka status anda sudah dicerai oleh suami sejak pertama kali dia mengucapkan kata cerai pada anda. Berapa status talaknya tergantung berapa kali suami mengucapkan kata talak tersebut pada anda. Kata “cerai” satu kali berarti Talak Satu; kali kedua berarti Talak Dua; dan kali ketiga berarti Talak Tiga. Apabila talak tiga yang terjadi, maka suami telah menceraikan anda untuk selamanya dan dia tidak boleh rujuk kembali kecuali setelah anda menikah dan lalu bercerai dengan laki-laki lain.

Seandainya saat suami kembali pada anda setelah pisah 3 tahun itu belum talak tiga, maka suami boleh kembali pada anda tapi dengan syarat adanya akad nikah yang baru. Tidak boleh rujuk begitu saja. Karena bolehnya rujuk tanpa akad nikah baru itu apabila rujuknya masih dalam masa iddah.

Seperti diterangkan di atas, status perkawinan anda tergantung pada berapa kali suami pernah mengucapkan kata “Cerai” atau “Talak”. Apabila tidak lebih dari dua kali, maka dia boleh kembali pada anda dengan akad nikah baru. Tapi apabila tiga kali atau lebih, maka dia tidak boleh rujuk atau kembali pada anda karena Talak Tiga berarti hubungan suami-istri putus total. Kecuali apabila anda menikah dan bercerai (setelah terjadi hubungan intim) dengan pria lain (suami kedua).

Apa yang harus dilakukan saat ini adalah tergantung dari situasi jumlah talak yang pernah dikatakan suami anda. Kalau dia pernah mengucapkan talak tiga kali, maka anda tidak boleh berkumpul satu rumah dengan dia dan tidak boleh berhubungan intin sama sekali. Karena dia adalah laki-laki lain, bukan suami anda.

Soal gugat cerai dari anda atau cerai talak dari suami ke Pengadilan Agama itu hanya formalitas.

Sumber: http://www.alkhoirot.net/2012/12/status-perkawinan-pisah-3-tahun.html

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *