Download Buku IQRO Lengkap Jilid 1-6 pdf dan Pengertiannya

Artikel ini berisi tentang buku iqro’, mulai dari pengertian iqro, metode iqro, pengarang buku iqro dan download buku iqro jilid 1-6 untuk komputer dan hp. Oh yaa sekedar share dari saya sebagai penulis, bahwa saya juga bisa membaca alquran berkat buku iqro ini lho, soalnya bukunya gampang dimengerti.

Mengenai apa itu buku iqro, simak selengkapnya dibawah ini,

A. APA ITU BUKU IQRO ?

Buku Iqra’ adalah buku panduan sederhana untuk mempermudah belajar membaca Al-Quran dengan cepat dan praktis. Buku panduan ini digunakan oleh sebagian besar pengajar Al-Quran di Indonesia bahkan sampai penjuru Asean, Malaysia dan beberapa negara lainnya juga memanfaatkannya.
Dengan metode yang praktis dan mudah diterapkan, buku ini memuat panduan langkah demi langkah belajar memahami bahasa AlQuran. Dimulai dari mengenal huruf hingga rangkaian huruf yang sederhana dan kemudian dilanjutkan ketahap yang lebih kompleks.
Buku Iqra versi cetak sangat banyak di toko buku dengan harga yang relative murah , Buku Iqro dicetak dengan variasi warna warni cover yang memikat perhatian anak TK Al-Qur’an.

buku iqro jilid 1-6 cover

Buku Iqro’ terdiri dari 6 jilid, di mulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna.
Di mana dalam setiap jilidnya terdapat petunjuk mengajar dengan tujuan untuk meudahkan setiap peserta didik (santri) yang akan menggunakannya, maupun ustadz/ustadzah yang akan menerapkan metode tersebut kepada santrinya. Metode iqro; ini termasuk salah satu metode yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, karena metode ini sudah umum digunakan ditengah-tengah masayarakat Indonesia.

Dulu sebelum ada metode iqro, metoda yang digunakan untuk belajar membaca alquran biasanya  menggunakan Juz ‘Amma dan Turutan

B. METODE IQRO’

Metode iqro’ adalah suatu metode membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca, Adapun proses pelaksanaan pembelajaran metode ini berlangsung melalui tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Ath Thoriqah bil Muhaakah, yaitu ustadz/ustadzah memberikan contoh bacaan yang benar dan santri menirukannya.
  2. Ath Thoriqah bil Musyaafahah, yaitu santri melihat gerak-gerik bibir ustadz/uztadzah dan demikian pula sebaliknya ustadz/ustadzah melihat gerak gerik mulut santri untuk mengajarkan makhorijul huruf serta menhindari kesalahan dalam pelafalan huruf, atau untuk melihat apakah santri sudah tepat dalam melafalkannya atau belumAth Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih, yaitu ustadz/ustadzah harusmenggunakan ucapan yang jelas dan komunikatif
  3. Ath thriqah bis Sual Limaqoo Shidit Ta’limi, yaitu ustadz/ustadzah mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan santri menjawab atau ustadz/ustadzah menunjuk bagian-bagian huruf tertntu dan santri membacanya.

C. PENGARANG/SEJARAH BUKU METODE IQRO

Metode Iqro’ ini ditemukan dan disusun oleh Ustadz As’ad Human yang berdomisili di Yogyakarta. Kitab Iqro’ dari ke-enam jilid tersebut di tambah satu jilid lagi yang berisi tentang doa-doa. Dalam setiap jilid terdapat petunjuk pembelajarannya dengan maksud memudahkan setiap orang yang belajar maupun yang mengajar Al-Qur’an.

Bagi kebanyakan umat Islam Indonesia, nama K.H. As’ad Humam sudah tidak asing lagi karena karyanya berupa metode praktis membaca Al-Qur’an serta lembaga pendidikan TKA (Taman Kanak-kanak Alqur’an) dan TPA (Taman Pendidikan AlQur’an) telah menyebar keseluruh Indonesia, ke Malaysia dan mancanegara lainnya. Bahkan di Malaysia metode Iqro ditetapkan sebagai kurikulum wajib di sekolah.

Pria yang lahir tahun 1933 yang cacat fisik sejak remaja ini ternyata sebagai penemu Metode Iqro yang menghebohkan banyak kalangan. Banyak para penguji mencoba mengadakan pengujian terhadap keakuratan metode ini. Ternyata karena selain sererhana dengan metode iqro sangat mudah mempelajari Al-Qur’an.

Menurut Meneg, K.H. As’ad Humam yang hanya lulusan kelas 2 MadrasahMualimin Muhammadiyah Yogyakarta (Setinggi SMP) ini juga bisa disebut “pahlawan”, yakni pahlawan penjaga kelestarian Al-Qur’an dan pahlawan yang telah membebaskan jutaan anak Indonesia dari buta Al-Qur’an. Berkat hasil karyanya ini jutaan anak muslim Indonesia dengan mudah mempelajari Al-Qur’an

Sebelum K.H. As’ad Humam meluncurkan metode Iqro’ memang sudah ada metode membaca Al-Qur’an yang dimanfaatkan oleh umat islam Indonesia antara lain dalam metode Juz Amma, methode Al-Banjary, methode Al-Barqy dan banyak methode lainnya. K.H. As’ad Humam dalam menyusun karyanya ini juga berdasarkan metode yang saudah ada sebelumnya. Tetapi begitu metode Iqro muncul, sekitar tahun 1988 langsung mendapat sambutan hangat masyarakat. Sebab metode yang digunakan juga praktis dan membuat anak kecil bisa cepat menbaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil, padahal sebelumnya anak-anak seusia TK umumnya belum bisa membaca Al-Qur’an.

Pada awal Februari tahun 1996 dalam usia 63 tahun sang penemu metode ini K.H. As’ad Humam telah dipanggil Allah SWT. Dan menghembuskan nafas terakhirnya di Bulan Suci Ramadhan hari Jum’at(2/2) sekitar Pukul 11:30 memang, dimana sejak 14 Desember tahun 1995 ia telah sakit dan pernah diopname di Rumahsakit Muhammadiyah Yogyakarta sekitar 2 bulan. Jenazah KH. As’ad Humam dishalatkan di mesjid Baiturahman Selokraman Kota Gede Yogya tempat ia mengabdi.

Pada saat pelepasan menuju tempat peristirahatan terakhir jenazah bapak 6 anak dan kakek 10 benar-benar dikenang masyarakat luas baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Hal ini terbukti pada sambutan Menteri Agama RI yang saat itu Dr. H. Tarmizi Taher yang dibacakan Kakanwil Daerah Istimewa Yogyakarta Muhda Hadisaputro SH pada saat upacara pemakaman. Ia menjelaskan dalam pidatonya bahwa Hasil karya K.H. As’ad Humam benar-benar sudah go internasional. Lebih lanjut oleh Menag RI dijelaskan Metode Iqro selain sudah diterapkan di beberapa negara tetangga, semacam Malaysia, Singapura dan Brunai Darusalam, juga sudah diterjemaahkan kedalam berbagai bahasa, bahkan dilakukan penjagaan penggunaannya oleh kalangan muslimin di Amerika Serikat.

Bulan Juli tahun  1995  Presiden Soeharto mewisuda ribuan santri TKA/TPA. Wakil persiden juga melakukan hal yang serupa di Yogya dalam berbagai even misalnya MTQ juga acap menampilkan santri TKA yang mendemonstrasikan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an.

D. DOWNLOAD BUKU IQRO JILID 1-6

Silahkan download aplikasi Buku iqro’ pdf jilid 1-6 secara terpisah, melalui link dibawah ini
DOWNLOAD BUKU IQRA 1 ( 2.3 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 2 ( 2,3 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 3 ( 2,5 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 4 ( 2,6 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 5 ( 3,0 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 6 ( 3,2 MB ) | Link Alternatif
Khusus bagi anda yang ingin mendownload secara langsung buku iqrok dari jilid 1-6 dapat mengklik link dibawah ini
Download Buku Iqro 1-6 Jilid

E. DOWNLOAD APLIKASI IQRO UNTUK HP ANDROID

buku iqro android apk pics
Untuk anda yang mempunyai hanphone berbasis sistem android, silahkan download dan pasang melalui link dibawah ini, dengan mempunyai aplikasi ini anda dapat belajar membaca alquran dimana saja, cukup dengan menggunakan HP, tidak perlu ribet dan praktis
Download Buku Iqro Android

Demikian artikel tentang buku metode Iqrok yang dapat kami kupas, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar membaca alquran!

Comments
  1. Edi
  2. Nur
  3. yayasan khadijah
  4. yayasan khadijah
  5. syahla
    • pendidikan islam
  6. Mahbub
  7. LASIYAN
    • pendidikan islam
  8. SUTORO
  9. ALIF RAMANUL HAQ
  10. ajengsena
  11. alim
  12. Obie
  13. Shahi
  14. Jalal
    • Pendidikan Islam
  15. budhi
  16. RUDI
  17. huzaini
  18. dewek
  19. Hidayat
  20. dwiki
  21. hasrum

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *