Haram : Pengajian Majelis Rasulullah dan Nurul Mustofa

Di Publikasikan 22 Jan 2013 // Oleh pendidikan islam // Kategori Dunia Islam //

Masuk-islam.com – 2 Majelis Taklim Terbesar di Jakarta , Yakni Majelis Rasulullah yang di gawangi oleh Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa dan Nurul Musthofa yang digawangi oleh Habib Hasan bin Ja’far Assegaf , muncul dalam sejumlah laman Internet. Sebabnya, saban pekan dua kelompok pengajian itu menggelar acara – baca maulid Nabi Muhammad sekaligus ceramah – jamaah membludak hingga ribuan.
majelis rasulullah vs majelis nurul mustofa
Yang terjadi, jalanan sudah macet di jam pulang kantor kian ruwet. Pedagang khas majelis berkumpul menjadi satu dengan konvoi jamaah. kedua majelis itu biasa menggelar pengajian sehabis isya. “Memang gak pernah resmi kok nutup jalannya, cuma separo badan jalan. dan ini sering dianggap sah, boleh gak parkir/jualan di jalan?” komentar akun darklegend.

Gunjingan tidak sedap itu tidak berhenti begitu saja. Sejumlah masyarakat merasa terganggu dengan akibat dari kegiatan Majelis Rasulullah dan Nurul Mustafa mengadukan hal ini ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta.

“Memang benar banyak laporan soal dua majelis itu karena kegiatan mereka menutup jalan,” kata Sekretaris Jenderal MUI DKI Jakarta Samsul Maarif ketika dihubungi merdeka.com melalui telepon selulernya Jumat dua pekan lalu. Setelah melalui pembahasan dan perdebatan, akhirnya setahun lalu keluarlah fatwa. Isinya, mengharamkan pengajian mingguan bikin macet jalan. Alasannya lantaran mengganggu kepentingan orang lain.

Hingga artikel ini dilansir, Habib Munzur al-Musawa belum dapat dimintai komentar. Menurut Muhammad, ditemui di kantor Majelis Rasulullah, Jalan Cikoko Barat V Rt 003/05/ nomor 66, Pengadegan, Jakarta Selatan, Habib Munzir memang ada di sana namun tidak dapat ditemui. “Beliau sedang sakit,” ujarnya seraya menjelaskan sakit sang guru banyak, mulai asma hingga efek dari operasi mengeluarkan lemak.

Muhammad, bersarung kotak-kotak serta berkoko dan berpeci putih, juga belum bisa memastikan apakah Habib Munzir bakal menghadiri majelis taklimnya Senin malam itu. Jarak antara kantor Majelis Rasulullah dan Masjid Al-Munawar sekitar dua kilometer. Kalau dari rumahnya, juga di daerah Pancoran, sekitar satu kilometer.

Muhammad tertawa menanggapi fatwa haram MUI DKI Jakarta itu. Dia balik berkomentar Jalan Raya Pasar Minggu saban jam pulang kantor selalu macet, termasuk di luar Senin malam. Dia membantah jamaah Majelis Rasulullah sampai menutup jalan seraya menukil ucapan Habib Munzir. “Kalau saya diundang dan pengajian saya sampai menutup jalan, saya akan bubarkan.”

Akun Mbah Dukun mencoba menyampaikan rerkomendasi buat menyelesaikan polemik ini. “Adakan majelis di masjid besar dan memiliki lahan parkir besar, jadi kagak bikin macet.”

Sampai Senin malam pekan lalu, Majelis Rasulullah masih terus menggelar acara di sana.

Sumber : www.merdeka.com/khas/fatwa-haram-buat-pencari-tuhan-fatwa-haram-pengajian-1.html

Kata kunci : nurul musthofa | Majelis nurul musthofa | nurul mustofa | majelis nurul musthofa sesat | alamat rumah habib munzir | majlis nurul musthofa | majelis nurul mustofa |
Haram : Pengajian Majelis Rasulullah dan Nurul Mustofa pendidikan islam 22 Jan 2013. Haram : Pengajian Majelis Rasulullah dan Nurul Mustofa

Masuk-islam.com – 2 Majelis Taklim Terbesar di Jakarta , Yakni Majelis Rasulullah yang di gawangi oleh Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa dan Nurul Musthofa yang digawangi oleh Habib Hasan bin Ja’far Assegaf , muncul dalam sejumlah laman Internet. Sebabnya, saban pekan dua kelompok pengajian itu menggelar acara – baca maulid Nabi Muhammad sekaligus ceramah – [...]

4.9 pendidikan islam

33 comments on “Haram : Pengajian Majelis Rasulullah dan Nurul Mustofa

  1. disipratama on said:

    hahahah yang bilang haram itu orang di luar islam, kebaikan ko di haramkan, kalo ga begini trus mau apa mau makin terpuruk agama islam?, sekalian aja ga boleh maulid, allah dan malaikatnya aja bersholawat atas nabi muhammad, bung ane di bali aja setiap ari jalanan di tutup karena ada upacara adat, kita ga pernah protes tuh, kalo demi kebaikan umat beragama kenapa mesti dilarang, jangan menjadi orang munafik yah, ktp islam tapi ogah sholat, ogah ke malis ilmu, ogah deket ma para habaib dan ulama…gimana mau bisa melaksanakan printah alloh, ulama agamanya aja di hujat..astagfirulloh

    • pecinta majlis on said:

      setuju sm bro yg d bali….
      jgn menilai semua urusan dgn untung rugi dunia….sadar gk bung…kita semua kebagian do’a mereka yg duduk d majlis….shollu ‘ala muhammad…

    • Muslim Ahmad on said:

      tp yg brfatwa ulama jg lho…. jd majelis ‘ulama brhadpan dgn majelis habib… o iya tlong dong artikan pngertian dari ‘habib’…

      • igaf ahmad on said:

        Habib itu dari bani alawiyyin yang di indonesia dari imam ali uraidi satu keturunan dari imam muhammad bin ali ba’alawi sampai datuknya imam husain cucu rosul…..semua habaib yg ada dijagat raya satu keturunan….yg jelas nasabnya ga putus…allahumma sholli ala muhammad.

        • emg ente yakin tuh habib asli keturunan? udah meneliti sendiri tuh silsisahnya habib2 sampe dikonfirm ke arab sana?
          kalo saya bertampang timur tengah, nama saya ada berbau arab, terus mengaku turunan Nabi Sallahualaihiwassalam bisa jg kan??

          Jangan bertaklid buta lah..mengaku keturunan belum tentu akhlak sama, bisa jadi bertolak belakang !!. Coba renungkan, apakah yang diajarkan di majelis ini pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam dan pernah dilakukan juga oleh para sahabat?? Jika semua shalawat dan ritual dalam majelis ini tidak pernah dicontohkan, berarti tidak pantas mengaku keturunan Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam, dan tidak pantas pula mengaku cinta Nabi dengan mengikuti majelis ini, Karena perbuatannya semua menyelisihi apa yang diajarkan oleh Nabi !!! Renungkanlah saudaraku !! jangan sampai kita diazab oleh Allah karena menyelisihi ajaran Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam

          • triyanto on said:

            bangun mas aji, keluar kandang…
            sholawat badar itu gubahan kyai jawa, jaman nabi n shohabat blm ada, kalo nggak suka yà nggak usah ribut lah…

    • Haeru226 on said:

      Untuk mas DISIPRATAMA di bali & umat islam lainnya,untuk kita ingat bahwa islam adalah agama rahmatanlil’alamin yang pastinya jauh dari sifat menyusahkan.Dari artikel diatas kita semua paham kalau yang di haramkan MUI itu bagian menutup jalan yang mengakibatkan kemacetan bukan majelis ilmunya.seperti kita tahu banyak hadist2 shohih yang menjelaskan kebaikan dari menghilangkan gangguan di jalan berarti kalau kita melakukan kebalikannya berdosalah kita.perihal di BALI yang jalannya sering ditutup untuk upacara adat mbok ya jangan dijadikan hujjah,itu kan kebiasaan orang kafir ya jangan ditiru.muslim sama kafir gak sama ya ikhwan.kalau mayoritas manusia berbuat dzalim apakah kita harus ikut-ikutan berbuat dzalim,apakah artinya islam membenarkan kedzaliman?

  2. muslim sejatti on said:

    yang nulis artikel ini coba hadir dlu baru bicara karna itu ga ada faktanya majelis rasulullah saw ga pernah menutup jalan di daerah pancoran dan pengadaan pengajian di sana juga di awasi oleh aparat ke amanan dan polisi lalu lintas jadi ga ada yang di ucapkan antum semoga allah memaafkan ucapapan antum

  3. harafit suryananda on said:

    ane setiap hari pulang kerja selalu lewat pancoran dan lewat mesjid al munawar tapi ane pulang kedepok tapi ane ga pernah merasakan macet kalau ada parah atau ditutup jalan kalau lewat situ..
    Coba tolong yang protes masalah macet jalanan karna ada majelis rosulullah bicara langsung lewat media tv berani gak..
    Jangan dibelakang aje..
    Jangan bikin nama islam jadi buruk..
    Kita harus same same bangun agama islam jadi lebih baik lagi bukan dijatohin..
    Udah kita jalanin aja perintah Allah SWT dan NABI MUHAMMAD SAW..
    INGET HIDUP DIDUNIA HANYA SEMENTARA KEHIDUPAN SEBENARNYA ADALAH DI AKHIRAT SANA JADI PERBANYAKLAH BERBUAT KEBAIKAN BUKAN KEBURUKAN..

    WASALAMMUALAIKUM
    ALLAHUMMA SHOLLU ‘ALA MUHAMMAD

  4. wahabi tobat on said:

    HANYA ORANG GOBLOK YANG BILANG MAJELIS SHOLAWAT SESAT.
    HANYA ORANG BEGO YANG RESAH MACET KARENA PENGAJIAN.
    MEDIA WAHABI SEPERTI INILAH YANG MERESAHKAN UMAT,YANG BIKIN MACET JALUR INTERNET YANG HARUS DIHARAMKAN….MERUSAK PEMANDANGAN SAJA… ADMIN NYA KALAU BERANI DEBAT TERBUKA SAMA ULAMA ASWAJA.

  5. Fahmi Ali on said:

    Saya Cek Ke MUI, fatwanya tidak ada dan tidak benar di tujukan kepada Majelis Rasulullah. Majelis Rasulullah tidak pernah menutup jalan. Kalau memang acara tutup jalan tidak boleh dilakukan dan dibuat menjadi peraturan daerah, baru bisa kita liat nanti siapa2 yang berbuat seperti itu. Banyak sekali acara tutup jalan tapi tidak ada yang protes sama sekali. Masalah ini timbul karena RASA HASUT DENGKI DAN MUNAFIK. Wasallam..

  6. check di webnya gan sang habib sudah menjawab pertanyaan seorang paruh baya pada saat penrbangan menuju sorong untuk berdakwah
    ini webnya cari video perjalan Kokoda : http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=177&Itemid=37

  7. elhasan on said:

    hanya iblis dan setan yg benci majlis dzikir dan sholawat !!!!

  8. abu saiful on said:

    Klo majelis talim yg wajib aja dbilang haram sm nT (wahabi) bgaimna dengan hajatan yg digelar dmpe nutup jalanan krna mngadakan orgen tunggal ato dangdutan, tntu tingkat kharamannya lebih dahsyat lgi dong ???
    Cba pikir pke otak nT, jngn brsmbunyi dbalik fatwa yg gazebo ky gitu. Dah dikonform blm?
    Cm klompok ky nT yg brpikr majelis sprti itu mngganggu, sbb pngjian nT ga seramai pngjian diatas. Oke brow ?
    Kacian deh lhoooo !!!!! #%&##$%&##%%

  9. abdul manaf on said:

    saya bukan anggota jama’ah manapun bahkan saya tidak kenal dengan habib-habib guru-guru para kiyai yg memimpin majlis ini…..tapi saya cinta dengan majlis-majlis dzikir di mnh pun berada…….saya hanya ingin menegaskan……yg bicara majlis-majlis dzikir ini haram orang biadap…..saya bersumpah…apa bila ada yg mencegah majlis dzikir untuk melakukan kegiatan di mana pun….maka saya akan akan penggal kepala orang yg melarangnya….itu janji saya……Allahuakbar…Allahuakbar……!

    • Haeru226 on said:

      Yang bilang majelis dzikir sesat siapa yaa?yang bilang majelis sholawat haram siapa yaa???sampai saat ini saya blom pernah dengar tuh.baik dari organisasi islam muhammadiyah,persis,LDII,salafy,NU gak ada tuh yang bilang majelis dzikir & majelis sholawat sesat.UMAT ISLAM INDONESIA ANEH YAA,KETIKA ADA SAUDARANYA YANG MENGINGATKAN E..EEH MALAH DI BILANG MUSUH ISLAM.coba buka deh pikiran kita jangan di butakan sifat fanatik tokoh atau kelompok.

  10. m.rizky on said:

    innalillahi wainna ilaihi rojiun,
    itu yg hnya bza saya ucapkan.

    • m.rizky on said:

      sabar saja wahay saudaraku
      memang biasa klo jakarta itu macet.
      tpi kalo macet nya karna majelis itu hANYa smentara . kalian yg terkena macet saat acara majelis ,smoga allah memberikan pahala kpda kalian seperti orng yg hadir di majelis.
      allahuakbar.salam jamaah majelis rasulullah dari kabupaten bogor,

  11. Pencinta Rasulullah Anti Manusia'' Munafik on said:

    Assalamu’alaikum ,,,

  12. Pencinta Rasulullah Anti Manusia'' Munafik on said:

    Sesaat ,sessat dari mananyya ? Macet itu sudah dari dlu seblum Majelis Rasulullah ada sudah macet ,anda berpendidikan ? anda islam ? Ngaji yang bener !!! anda itu anak kemarin sore yang baru tau tentang islam “APAKAH ANDA KETURUNAN DARI PEMBENCI NABI MUHAMMAD SAW ,,, mungkin menurut saya IYYA ,anda sessat ,Bukan Majelis Rasulullah yang Sessat !1

  13. Suryan on said:

    Hai orang2 yg mengaku cinta kepada ALLAH dan RASUL Nya, saya mau bertanya apakah anda benar2 mengenal ALLAH dan RASULNya secara hakiki??? saya beritahu ya sesungguhnya Allah tidak akan menciptakan semesta sekalian alam ini kalau bukan karna kekasihNya RASULULLAH MUHAMMAD SAW. Jadi dunia, akhirat, surga, neraka beserta isinya adalah utk Rasulullah SAW, kmdn kita dimana ? kita tidak dipandang oleh ALLAH SWT sedikitpun, kita bisa selamat dan mulia kalau kita hanya bersama Rasulullah SAW..Saya jg mau bertanya apakah ada ayat atau hadits yang melarang kita utk bersholawat sendiri ataupun berjam’ah/ majelis ??? tolong dijawab !!!

    • Haeru226 on said:

      UNTUK MAS SURYAN saya numpang nambah pertanyaan nih biar mereka tambah bingung.ada gak ayat atau hadis yang melarang sholat zenazah pake adzan & iqamat,pake ruku & sujud,masuk wc ngucapin salam,sholat pake bahasa indonesia,baca al qur’an di iringi musik,adzan berjamaah ada gak ayat atau hadist yang melarang??bingung kan antum

  14. ilham alfahmi on said:

    biarlah orang berkata apa hatikku tetap gembira
    biarlah orang berkata apa yang penting iman di dada.. muhammadaun nabiyuna
    percuma fitnah majelis nurul musthofa sama majelis rasullulah bukan nya malah berkurang jamaahnya
    malah tambah banyak…. camkan itu

  15. hafiz on said:

    yang sering lewat pancoran PASTI LEBIH TAU macet apa ngganya. karena majelis pancoran macet ???? udah dari sebelum majelis rasulullah ada juga udh macet mas. ada tidaknya majelis rasulullah disitu pasti macet , mau pagi ataupun siang…. bagi yang membuat artikel di atas silahkan cari mesjid yang menampung 100juta org tiap malam selasa dan lebih banyak dari 100rb jamaah di malam malam lainnya. dan tolong di urus izin2nya… jangan menghujat jika tidak ada solusi

  16. ahmad soleh zaelani on said:

    PERHATIKAN JANGAN DI CELA
    DUDUK DI JALAN BUKAN BERDOSA
    BATU DAN KERIKIL IKUT BERDOA
    DI MAJLIS NURUL MUSTHOFA ^_^

  17. yazid on said:

    AGAMA ISLAM TELAH SEMPURNA

    Saudaraku, perlu kita ketahui bersama bahwa berdasarkan kesepakatan kaum muslimin, agama Islam ini telah sempurna sehingga tidak perlu adanya penambahan atau pengurangan dari ajaran Islam yang telah ada.

    Marilah kita renungkan hal ini pada firman Allah Ta’ala,

    الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

    “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Ma’idah [5] : 3)

    Seorang ahli tafsir terkemuka –Ibnu Katsir rahimahullah- berkata tentang ayat ini, “Inilah nikmat Allah ‘azza wa jalla yang tebesar bagi umat ini di mana Allah telah menyempurnakan agama mereka, sehingga mereka pun tidak lagi membutuhkan agama lain selain agama ini, juga tidak membutuhkan nabi lain selain nabi mereka Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, Allah menjadikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai penutup para nabi, dan mengutusnya kepada kalangan jin dan manusia. Maka perkara yang halal adalah yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam halalkan dan perkara yang haram adalah yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam haramkan.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, pada tafsir surat Al Ma’idah ayat 3)

    SYARAT DITERIMANYA AMAL

    Saudaraku –yang semoga dirahmati Allah-, seseorang yang hendak beramal hendaklah mengetahui bahwa amalannya bisa diterima oleh Allah jika memenuhi dua syarat diterimanya amal. Kedua syarat ini telah disebutkan sekaligus dalam sebuah ayat,

    فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

    “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan Rabbnya dengan sesuatu pun.” (QS. Al Kahfi [18] : 110)

    Ibnu Katsir mengatakan mengenai ayat ini, “Inilah dua rukun diterimanya amal yaitu [1] ikhlas kepada Allah dan [2] mencocoki ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

    “Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari no. 20 dan Muslim no. 1718)

    Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

    مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

    “Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718)

  18. kelling.crew on said:

    Hy sodara ku yang ku cintai ..
    Yang bilang majelis itu haram .gw jedoooooooooooooooooooooooooooooodin nih .
    Salam .

  19. azhar arrotib on said:

    orang nikahan aja blokir jalan,,kdang bkin macet,,dipengajian majelis habibana munjir G̶̲̅ãK̶̲̅ ª∂a̲̅ yg namanya tutup jalan,,demi allah,,,ternyata wahabi bkin lelucon,,,pecinta nabi yg suci pntang menyerah skalipun dicaci maki,,,sholu ala muhammad,,

  20. arrojy ila rohmati robby on said:

    untuk saudaraku jam iyah sholawat mungkin ini ujian tuk pecinta rosul maka bersabarlah teruslah bersholawat sholluu ala nabi muhammad shollu ala ih

  21. muhammad pahmi on said:

    bagi pecinta majlis rasollah harus bersabar
    karna Allah swt lagi menguji hamba nya

  22. aditia rahmawan on said:

    itu nama manusia bejaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaad yg bilang 2 majlisterbesar d jakarta itu sesat dan menggangu jlan
    klo branitunjukin muka lu depan w

  23. Ahmad Irwansyah on said:

    Panji Majelis Rasulullah Saw Akan selalu tetap berkibar.
    Sholu Ala Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.