Hukum Rokok adalah Haram Dalam Islam, Perlu Diketahui (Lengkap)

Di Publikasikan 20 Mar 2013 // Oleh pendidikan islam // Kategori Artikel Islam //

A. Pendahuluan

Merokok adalah kebiasaan buruk di masyarakat yang sudah dianggap menjadi biasa, mungkin karena begitu banyaknya para perokok atau juga karena begitu banyaknya aktivitas merokok yang biasa kita jumpai disekitar kita sehingga merokok menjadi hal yang lumrah dan biasa saja. Dari kalangan pengusaha sampai karyawan dan buruhnya, dari mulai pejabat sampai rakyat jelatanya, dari kalangan intelektual sampai kalangan orang awamnya, dan dari kalangan tokoh agama sampai umatnya, mereka tidak lepas dari kebiasaan merokok. Lihat lah orang-orang yang ada disekitar kita, keluarga dan teman-teman kita, tetangga dan relasi kita, banyak diantara mereka adalah perokok maka begitu akrabnya kita dengan dunia rokok.

merokok bakar uang

Di tengah masyarakat kita telah tersebar dan terbentuk opini bahwa hukum rokok adalah makruh. Keyakinan ini membuat para perokok seakan mendapat jastifikasi dari agama bahwa merokok diperbolehkan oleh islam, bukan haram. Kita telah mengetahui bahwa mayoritas penduduk kita adalah muslim tentunya kaum muslimin lah yang paling banyak mengkonsumsi rokok.

Kemudian ketika dikatakan kepada para perokok bahwa hukum rokok dalam agama islam adalah haram dengan mengacu kepada dalil-dalil yang ada, banyak diantara mereka yang kaget dan heran. Mereka merasa aneh dan ganjil dengan orang yang mengatakan bahwa rokok adalah haram. Islam apakah ini, yang berani mengharamkan rokok.
Walhasil, kondisi masyarakat di negara kita lebih parah dalam masalah rokok dibanding kondisi masyarakat di sebagian negara yang para ulamanya telah memberi fatwa dengan terang-terangan bahwa rokok adalah haram, seperti Malaysia, Brunei, dan kebanyakan negara Timur Tengah. Meskipun di negara-negara tersebut juga masih banyak dijumpai para perokok.

B. Sejarah Rokok

Rokok pertama kali dilakukan oleh orang-orang dari suku-suku di Amerika, seperti Suku Indian, Maya, dan Aztec penduduk asli Amerika untuk keperluan pemujaan dewa/roh.
sejarah rokok
pada abad ke-16, saat Christoper Columbus dan rombongan nya datang ke Benua Amerika, sebagian dari mereka mencoba untuk menghisap tembakau. Dan akhirnya tertarik untuk membawa budaya menghisap tembaku ini ke benua asal mereka, yaitu Benua Eropa. Setelah budaya ini dibawa ke Eropa, ada seorang diplomat Prancis yang tertarik untuk mempopulerkannya ke seluruh Eropa. Dia lah Jean Nicot, yang kemudian namanya digunakan sebagai istilah Nikotin. Kebiasaan merokok pun muncul di kalangan bangsawan Eropa. Namun tidak seperti suku indian, yang menggunakannya untuk upacara ritual, para bangsawan Eropa menggunakannya untuk kesenangan belaka.

Setelah Benua amerika dijelajahi orang eropa, mereka mencoba menirukan orang indian menghisap tembakau dan membawanya sebagai lifestyle baru di Eropa. sejak saat itu bersamaan dengan penjajahan bangsa2 eropa ke seluruh dunia, rokok ikut tersebar pula ke seluruh dunia.

Pada abad ke-17, Para pedagang dari Spanyol masuk ke Turki, yang merupakan negara Islam. Dan akhirnya kemudian kebiasaan merokok masuk ke negara-negara Islam.

Jika data ini benar, maka masa dimana ketika rokok ini pertama kali ditemukan jauh terjadi setelah masa hidup Nabi. Bahkan kita tahu bahwa benua amerika sendiri baru ditemukan setelah kebudayaan eropa muncul terlebih dahulu. Orang Spanyol dan inggrislah yang pertama kali menemukan benua baru ini.

C. Mengapa Rokok Itu Haram Dalam Islam  ?

Hukum Rokok Haram

  1. Hukum Merokok Haram ditinjau dari sisi Agama Islam

    • “Dan menghalalkan yang baik bagi mereka serta mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”. (Qur’an Surat Al-A’raf : 157)
      Siapa pun yang berakal dan mau jujur, kalau ditanya apakah rokok termasuk sesuatu yang baik atau tidak, pasti mereka menjawab: “Tidak, bahkan rokok adalah sesuatu yang buruk.”
    • “Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (Qur’an Surat Al-Baqarah : 195)
      Ahli-ahli kesehatan telah sepakat semuanya bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan (membawa kebinasaan), seperti penyakit kanker, PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), cacat janin bagi wanita hamil yang merokok, impotensi, dan lain-lain.
    • “Dan janganlah kamu membunuh dirimu” (Qur’an Surat Annisa : 29)
      Kalo kita ibaratkan seperti fitnah kira-kira seperti ini” merokok itu lebih kejam daripada pembunuhan” Rokok tidak membunuh manusia langsung tapi secara perlahan-lahan.
    • “Barangsiapa menghirup racun hingga mati maka racun itu akan berada di tangannya lalu dihirupkan selama-lamanya di neraka Jahannam” (H.R.Muslim)
      Rokok mengandung racun (nikotin) yang membunuh pelakunya perlahan-lahan dan menyiksanya.
    • “Dosa keduanya (arak dan judi) lebih besar dari manfaatnya.” (Qur’an Surat Al-Baqarah : 219)
      Alloh mengharamkan segala sesuatu yang mudhorot (bahaya) nya lebih besar dari manfaatnya seperti arak dan judi dan mungkin termasuk di jaman sekarang adalah merokok.
    • “Janganlah menghambur-hamburkan hartamu dengan boros karena pemborosan itu adalah sudaranya setan” (Qur’an Surat Al-Isro : 26)
      Orang yang merokok menghamburkan hartanya dengan sia-sia bahkan mereka rela membeli rokok padahal ada kebutuhan yang lebih penting dan bermanfaat.
      Dalam skala nasional memang dari perusahaan rokok, pemerintah dapat memungut pajak yang cukup besar, tetapi perlu diketahui bahwa pemerintah juga mengeluarkan anggaran untuk biaya kesehatan dan pengobatan akibat rokok ini. Bahkan anggaran untuk biaya kesehatan dan pengobatan akibat rokok lebih besar dari pada pajak yang diperoleh dari bisnis rokok tidakkah ini adalah suatu pemborosan yang nyata. Demikian juga dalam skala individu, merokok adalah membelanjakan harta untuk hal yang tidak ada manfaatnya dan sia-sia, merokok adalah membakar uang untuk hal yang membahayakan kita, lalu apakah ini bukan suatu pemborosan.
    • “Allah membencimu karena kamu menyia-nyiakan harta” (H.R.Bukhari-Muslim)
      Rokok adalah pemborosan. Sungguh aneh sekali, ada seorang kepala rumah tangga miskin yang lebih senang menghabiskan uangnya untuk membeli rokok daripada membeli makanan untuk anak-anak dan istrinya yang kelaparan.
    • Dalam kaidah fiqih disebutkan “Mencegah kerusakan/bahaya lebih didahulukan daripada mengambil manfaat”.
      Maka seharusnya kita mendahulukan mecegah diri kita dari bahaya rokok dengan tidak merokok dari pada mengambil manfaat menkonsumsi rokok yang hanya isapan jempol belaka
    • Agama islam melarang kita mengganggu sesama muslim, sebagaimana fiman-Nya :
      “Dan sesungguhnya orang-orang yang mengganggu/menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan dengan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS. Al-Ahzab: 58)
      Rokok sungguh membahyakan kesehatan orang lain yang menjadi perokok pasif. Bau rokok juga mengganggu orang yang ada di sekitarnya, dan apabila kita menghadiri sholat jum’at atau jama’ah hendaknya kita memakai wewangian bukan malah mengganggu jama’ah lain dengan bau rokok.
    • Kegiatan Merokok Menirukan Kebiasakan Suku Indian di Amerika ketika melakukan Ritual pemujaan roh / dewa / atau leluhur mereka, dan ini sangat bertentangan sekali dengan islam

    Dari dalil-dalil diatas dapat disimpulkan bahwa merokok Haram, alasannya :
    Merokok membahayakan atau merugikan diri sendiri, Merokok membahayakan atau merugikan orang lain, Merokok merupakan tindakan pemborosan, Intinya lebih banyak mudhorot (Bahayanya) Ketimbang Manfaatnya.

  2. Hukum Merokok Haram dilihat dari Segi Sosial

    • Buruknya rokok bisa dilihat dari adanya larangan merokok di sana-sini, seperti di tempat umum, gedung-gedung pertemuan, masjid-masjid, sekolahan apalagi di tempat-tempat yang harus terbebas dari sesuatu yang mengganggu seperti di rumah sakit.
    • Keburukan rokok terbukti dengan pernyataan pabrik rokok sendiri yang menyatatakan dalam iklan maupun bungkus rokoknya dengan tulisan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Lalu apakah para perokok menutup mata atau pura-pura buta dengan membeli sesuatu yang jelas-jelas disepakati tentang bahayanya?!.
    • Jikalau Anda sedang Melihat anak dibawah umur atau anak sekolah merokok, pantas ato tidak ? Silahkan jawab dengan hati anda sendiri
  3. Hukum Merokok Haram dilihat dari sisi Keluarga

    • Banyak orang tua yang pecandu rokok, namun tidak akan pernah mengajarkan anaknya merokok, dan mungkin bahkan akan marah jika anak-anaknya ikutan merokok.
  4. Hukum Merokok Haram dilihat Segi Keamanan dan Keselamatan

    Sudah sangat sering puntung rokok telah mengakibatkan bencana dimana-mana, buang puntung rokok sembarangan bisa membuat kebakaran hutan, SPBU Kebakaran, Tabung Meledak. dll

  5. Hukum Merokok Haram dilihat dari Ilmu Kedokteran

    Para dokter dan ahli medis telah sepakat akan bahayanya rokok bagi kesehatan manusia. Telah digelar berbagai seminar kedokteran yang berskala internasional, para dokter mengambil kesimpulan bahwa rokok telah menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

D. DEBAT HUKUM MEROKOK, BEBERAPA DALIH PARA PEROKOK (PERTANYAAN DAN JAWABAN)

  • Syubhat: Sebagian perokok mengatakan: “Rokok sudah menjadi kebiasaan sebagian besar manusia, sehingga tidak mungkin kita mengatakan kebiasaan yang berjalan adalah haram.”
    Jawaban: Kebiasaan yang berjalan ditengah masyarakat bukan dalil untuk membolehkan kebiasaan tersebut, karena banyak sekali hal-hal yang haram telah menjadi kebiasaan yang berjalan di tengah masyarakat, seperti tersebarnya riba, minuman keras, zina, alat musik, kebiasaan mempertontonkan aurot, menggunjing sesama muslim dan lain sebagainya.
  • Syubhat: Sebagian perokok mengatakan bahwa dirinya sudah bertahun-tahun bergaul dengan rokok sehingga tidak mungkin dapat dipisahkan antara dirinya dengan rokok yang telah menjadi teman setia dalam hidupnya.
    Jawaban: Semua dapat dilakukan kalau pelakunya mempunyai niatan ikhlas karena Allohjalla wa ’ala, buktinya ketika berpuasa di siang hari mereka mampu meninggalkan rokok. Oleh karena itu, tinggalkan rokok hanya karena Alloh jalla wa ’ala bukan karena yang lain. Apakah rokok adalah kebutuhan pokok kita, sehingga tidak bisa berpisah dengannya. Padahal rokok tidaklah membuat kenyang dan gemuk. merokok ibarat musuh dalam selimut ini!.
  • Syubhat: Sebagian perokok mengatakan rokok adalah simbol kejantanan sejati, menurut mereka laki-laki tidak lengkap kalau tidak menghisap rokok”
    Jawaban: Ini anggapan yang keliru apakah orang yang melanggar larangan Alloh adalah orang yang jantan? Bukankah orang yang melaksakan apa yang diharamkan Alloh adalah orang yang kurang ajar. Bukankah juga jelas peringatan bahwa merokok bisa menimbulkan impotensi, gangguan kehamilan dan janin?!.
  • Syubhat: Sebagian perokok mengatakan dengan sikap fanatiknya: “Guru dan kyai saya juga merokok, bahkan dokter juga ada yang merokok.”
    Jawaban: Kalau sudah jelas dalil bahwa rokok hukumnya haram dan sudah banyak kenyataan bahwa rokok berbahaya, maka wajib bagi kita mengikuti dalil, bukan mengikuti manusia walaupun dia adalah seorang guru, kyai, maupun dokter karena semua manusia pasti pernah dan bisa bersalah dan keliru karena mereka tidak ma’shum (terjaga dari kesalahan).
  • Syubhat: Sebagian perokok mengatakan mereka yang merokok toh bisa berumur panjang dan sehat tidak merasakan bahaya merokok.”
    Jawaban: Kita tegaskan kepada mereka: Kalaupun rokok memang belum membahayakan jiwa mereka setidaknya rokok telah membahayakan harta mereka, akhlak mereka, agama dan masyarakat mereka. Bahaya rokok terhadap kesehatan terkadang hanya bisa terlihat suatu saat, sebagaimana biasanya disaksikan pada mereka yang bertahan hidup lama dengan tetap merokok.
  • Menganggap merokok dapat mempercepat kematian sama saja menolak takdir Allah. Hanya Allah yang menentukan waktu ajalnya seseorang. Bila saatnya ajal tiba ya pasti tiba, tidak ada yang namanya rokok menyebabkan kematian. Hanya Allah yang berkehendak atas kematian seseorang. Mereka berbicara seolah-olah sangat paham akan takdir Tuhan atau seolah-olah sudah mencapai ma’rifatullah.
    Jawaban: Pertanyaan yang terlalu mengada-ada, Misalnya bila seseorang dengan sengaja berdiri ditengah jalan yang ramai kendaraannya dan sedang melaju kencang pula dimana kemungkinan orang itu tertabrak 99% lalu orang tersebut meninggal dunia akibat tertabrak, apakah kita boleh mengatakan bahwa kematian orang tersebut adalah takdir Tuhan? Enak saja kita menyalahkan Tuhan atau mengkambinghitamkan Tuhan atas kesalahan yang telah kita perbuat sendiri. Tindakan tersebut adalah bunuh diri. Sama saja dengan sengaja merokok yang bearti dengan sengaja menggerogoti kesehatan sendiri yang berakibat mempercepat kematian. Hukum sebab akibat berlaku di dunia ini.
  • Merokok tidaklah haram karena Nabi Muhammad tidak pernah mengharamkannya.
    Jawaban : Bagaimana mau mengharamakan, orang pada ada zaman Nabi belum ada yang namanya rokok (lihat kembali sejarah rokok), itu sama saja dengan mengatakan bahwa melihat gambar porno di internet tidak haram karena pada zaman Nabi Muhmmad tidak ada yang namanya internet. Itulah sangat diperlukan pemahaman terhadap suatu ajaran, jangan berpikiran kuno. Itulah gunanya fatwa yaitu untuk mencari hukum sesuatu yang keadaan yang belum diterangkan pada zaman Rasulullah dengan berdasarkan pemahaman terhadap Qur’an dan Hadis.
  • Tidak ada dalil dalam Qur’an maupun hadis yang menerangkan bahwa merokok haram?
    Jawaban : Memang tidak ada yang tertuju fokus pada rokok, karena pada jaman nabi belum ada rokok, seandainya ada pasti Nabi akan mengharamkannya. Dalil-dalil diatas sudah sangat jelas, kita dikasih Allah SWT akal pikiran untuk dapat membedakan mana yang baik dan benar atau buruk dan salah.

E. Kenapa Ada Para Ustadz,Kiai atau Ulama Yang Membolehkan (mubah/makruh) Merokok?

Jawabannya sangat mudah :
Ustadz/kiai/Ulama yang Membolehkan Merokok adalah karena mereka sudah terlanjur menjadi pecandu rokok, mau tidak mau dia harus mencari berbagai cara untuk menghalalkan nafsunya demi tetap bisa merokok, Mereka rela menjual ajaran agamanya, sungguh nanti pertangungjawabannya akan sangat besar di akherat.

F. KESIMPULAN YANG ADIL (FINAL)

Mari kita gunakan akal sehat kita untuk membuat kesimpulan ini, Kesimpulan dari penulis masuk-islam.com adalah :
Merokok tidak merokok itu sebuah pilihan, kita tentunya mungkin sudah tahu bahwa ternyata perokok pasif (orang yang bukan perokok) lebih serius terkena dampak kesehatannya akibat asap rokok yang dihembuskan oleh para perokok.

Jadi HUKUM MEROKOK TIDAK HARAM, Jika ASAP ROKOKNYA DITELAN SEKALIAN, ini adalah mengenai prinsip dari sebuah keadilan, logikanya gak ikutan ngerokok tapi ikut kena asapnya kan sungguh tidak adil, apalagi asap yang beracun.

Ingat hembusan asap dari rokok itu bagaikan air yang mengalir, asap akan mengikuti kemana arah angin bertiup, dan  dapat menembus celah-celah yang sangat kecil, bahkan meskipun anda berada di ruangan khusus merokok sekalipun, apalagi cuma dalam kamar yang begitu banyak lubang udaranya atau mungkin cuman sekedar menjauh, Jadi tidak ada cara lain selain menelan asap rokok tersebut.

Asap Rokok itu beracun lebih beracun dari asap kenalpot, orang yang bukan merokok tentunya sangat tidak ikhlas jika asapnya sampai kehirup hidung lalu masuk keparu-paru mereka dan merasa terdholimi, ingat! perlu kita ketahui bahwa doa orang yang terdholimi itu sangat mudah dikabulkan oleh Allah SWT. tentunya kita tidak ingin bukan di doakan yang buruk oleh orang yang terdholimi.

WALLAHU ‘ALAMU BISSHOWAB

Sumber : Masuk-islam.com telah merangkumnya dari berbagai sumber dan juga telah menambahkannya :
abrahamik.wordpress.com/2010/02/13/merokok-itu-haram | anakgoogles.blogspot.com/2012/10/hukum-merokok-menurut-islam.html
akhirzaman.info/kesehatan/102-kesehatan/1729-manfaat-merokok.html | kishi-kun.blogspot.com/2011/11/sejarah-awal-rokok.html

Kata kunci : hukum merokok dalam islam | kultum pendek tentang akhlak | pertanyaan tentang akhlak | hukum merokok | cara masuk agama islam | tata cara sholat wanita | Hukum rokok |
Hukum Rokok adalah Haram Dalam Islam, Perlu Diketahui (Lengkap) pendidikan islam 20 Mar 2013. Hukum Rokok adalah Haram Dalam Islam, Perlu Diketahui (Lengkap)

A. Pendahuluan Merokok adalah kebiasaan buruk di masyarakat yang sudah dianggap menjadi biasa, mungkin karena begitu banyaknya para perokok atau juga karena begitu banyaknya aktivitas merokok yang biasa kita jumpai disekitar kita sehingga merokok menjadi hal yang lumrah dan biasa saja. Dari kalangan pengusaha sampai karyawan dan buruhnya, dari mulai pejabat sampai rakyat jelatanya, dari [...]

4.9 pendidikan islam

83 comments on “Hukum Rokok adalah Haram Dalam Islam, Perlu Diketahui (Lengkap)

  1. Mohamad Irham on said:

    kalau rokok haram, durian seharusnya juga dihaaramkan.. 1-2tahun merokok efek negatif gak bgitu terasa meski setiap hari merokok, sedang bila dibandingan durian, coba saja makan durian tiap hari selama 1 atau 2 tahun, hampir bisa dipastikan keluarga menyiapkan penggalian kubur..

    • pendidikan islam on said:

      @mohamad irham–>jawaban anda SANGAT TIDAK NYAMBUNG SAMA SEKALI, yang kita bahas disini adalah MEROKOK MERUGIKAN ORANG DISEKITAR KITA karena telah merampas kebebasan seseorang untuk menghirup udara segar, sedangkan kalo anda makan durian kan gak merugikan orang disekitar kita, baca dan TELAAH kembali di bagian kesimpulan, saya yakin anda adalah perokok berat, seorang kiai yang perokok saja rela menghalalkan segala cara demi tetap bisa merokok, Silahkan dibaca kembali dengan seksama!

      • bagus pati on said:

        anda juga gak nyambung, kalo merugikan orang lain itu berdosa tapi zat rokok/tembakau tetap halal

        • pendidikan islam on said:

          @bagus pati–>memang halal walaupun belum jelas, tapi ketika asap itu kehirup orang lain yang BUKAN PEROKOK, maka anda akan berdosa,karena telah merampas kebebasan seseorang menghirup udara segar!

          • bagus pati on said:

            ustadz yang menghukumi rokok masing-masing punya dalil, jangan bilang beliau itu menuruti hawa nafsu. Anda lah sebenarnya yang bernafsu pengen dibenerin sendiri pendapatnya

      • Muchtar Aji on said:

        Baca Al-Imron:135
        dan (juga) orang-orang yangapabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui.

        Menganiaya diri sendiri termasuk dosa.. Rokok = Aniaya diri. Jadi haram.. PIKIR

    • dibaca dgn betul2 … diatas, bukan hanya efek negatif merokok bagi diri sendiri sj yg jadi acuan dalil haramnya rokok, byk lagi… dibaca duonk…

      • sandy budiman on said:

        ya kalo pertimbangannya diatas, akan banyak sekali barang dan jasa yang masuk dalam klasifikasi “haram”, gak percaya? coba aja makan garam yang banyak, atau sudah ada yg kasih contoh durian tuh (Note: banyak juga yang alergi dengan bau durian).. mohon hati2 dalam melabeli sesuatu “haram” dan “halal”. Apalagi study sejarah rokok yang tidak jelas juntrungannya.

        • pendidikan islam on said:

          @sandy budiman–> sangat berbeda alergi, dengan memang penyakit, kalo asap rokok jelas penyakit, tapi kalo alergi bukan sebuah penyakit

          • bejo on said:

            heheheh..anda naik motor 2 tak itu asap nya bikin penyakit gak..bisa2 naik motor haram dong..

          • pendidikan islam on said:

            @bejo–>asap rokok tidak bisa disamakan dengan asap motor, asap rokok itu bisa disetarakan dengan asap pabrik, nah kalo anda mau merokok bikin saja cerobong asap sama seperti pabrik, sanggup tidak?

        • ASEP S ZUHRI on said:

          OON KALI KAU, CIUM KETEK MAMAKMU PUN HARAM KALO S JAM KAU JILATI2 TERUS, hahahaa..Rokok haram, 1 isap saja aram, 1 hisap saja penyakit,,durian, 1 jlat enak, garam 1 jilat enak, jadi jangan disamakan 1 hisao rokok dengan 1 Ton garam dasar orang tolol,hahaha

    • rokok dan durian beda donk ya

    • akbar on said:

      gak ada hub.ngan dgn merokok durian musim setahun sekali membaca artikel di anda atas bisa di pastikan adalah adalah perokok

  2. nunung on said:

    Sangat setuju, tidak ada satupun hal yang positif dari rokok, anda jelas akan susah mendapatkan persetujuan karena sudah dipastikan lebih dari 50 % laki-laki di indonesia adalah perokok. Pajak, lowongan pekerjaan hanyalah kamuflase saja, buktinya, Malaysia juga bisa maju tanpa ada pabrik rokok di sana.

  3. heru on said:

    mungkin punya mobil/motor juga haram karena mengeluarka racun yg juga bisa membuat pemanasan global…bahkan ini yg lebih parah…

    • pendidikan islam on said:

      @heru–>Ya, termasuk mobil/motor yg mengeluarkan asap berlebihan jg gak boleh, karena mengganggu kenyamanan orang, tapi jangan mobil/motor yang dipermasalahkan, tapi lebih pada orangnya yang tidak merawat motor/mobilnya.

    • Petruk on said:

      LAKUKANLAH PADA TEMPATNYA

      Mobil atau motor mengeluarkan asap itu wajar saja, asal pada tempatnya, yaitu dijalan raya.
      Yg menjadi masalah jika asap mobil atau motor tsb dibuang di ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, ruang pertemuan, dll.
      MEROKOK ITU MENJADI BERMASALAH KARENA DILAKUKAN TIDAK PADA TEMPATNYA
      , jadi mengganggu orang lain disekitarnya.

  4. bagus pati on said:

    Dalam konteks ini, mobil/motor bukan haram tapi orangnya berdosa karena nyumbang polusi.
    Simple aja kalo mikir

  5. DR. MOCH ZAMANHUDI ZEIN on said:

    BAGI YANG NGGAK NGERTI ROKOK BISA TANYA PADA” GOOGLE” KASIAT ROKOK BAGI KESEHATAN. MAKA DISITU AKAN DIJELASKAN DENGAN GAMBLANG. DAN YANG MENGHARAMKAN ROKOK, SEMOGA ALLAH MENGAMPUNINYA. AMIIN…

  6. yudi on said:

    sudahlah…sangat sulit memberi kesadaran pada pecandu, pecandu apapun itu, narkoba, miras, termasuk pecandu menjualnya, korupsi, pungli…semua hal pasti ada segi positif dan negatif tergantung dari sudut pandang masing2, dan kalau itu sudah mendarah daging tentu tak ada diskusi yang dapat menyatukan pendapat, malah bisa berantem. usaha dengan cara pantas sudah dilakukan, tak usah cara yg tak pantas. yg terakhir yg bisa dilakukan ya berdoa, dan maksimalnya diam. tunggu saja sadar sendiri, karena hati mereka sebenarnya berkata tak sama dengan mulut.

  7. dodymarakarma,SH on said:

    Rokok Hukum Haram atau Ulama wajib mesosialisasikan membuat Kesesepakatan denganj mengadakan ijsma Karena Ini Menyangkut keselamatan UMat dan menetapkan kan Haram Hukumnya

  8. Satyagraha on said:

    Membandingkan rokok dengan asap kendaraan apalagi dengan durian adalah justifikasi yang tidak benar. Asap kendaraan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan manfaat dari kendaraan jauh lebih besar dari rokok, juga usaha mengurangi polusi asap kendaraan terus dilakukan antara lain dengan kendaran bertenaga listrik. Durian?… apa ada orang makan durian setiap hari? …… musim duriannya saja tidak setiap bulan ….. bener-bener engga nyambung..

  9. jail pirates on said:

    siapa bilang rokok gak bermanfaat…
    dengan adanya rokok orang dapat memenuhi kebutuhan keluarganya…..
    coba saja klo bapak mu punya kebun tembakau rokok gak ada mau makan apa…
    memang mau makan tembakau…gak kan..
    klo rokok gak ada brapa juta org indonesia putus kerja..
    memangnya kamu punya penampungan untuk orang2 yg kerja disana..
    gak kan…
    pikirkan nasib org2 kecil yang kerja disana…
    dengan kerja disana mereka dapat memenuhi kebutuhannya…
    jangan liat dari satu sudut pandang saja…

    • pendidikan islam on said:

      @jali pirates–> KAN SUDAH DITULIS DIBAGIAN INTINYA, BOLEH SAJA MEROKOK TAPI ASAPNYA JANGAN DIBUANG SEMBARANGAN, KALAU DIBUANG SEMBARANGAN HUKUM ROKOK MENJADI HARAM, KALAU ANDA MENGHISAP ROKOK TERUS ASAPANYA ANDA TELAN SEKALIAN KAN GAK ADA YANG DIRUGIKAN, DENGAN BEGITU PETANI TEMBAKU DAN PABRIK ROKOK MASIH BISA TETAP BEROPERASI.

    • Petruk on said:

      PIKIRKAN JUGA YG LAINNYA DONG
      Analogi yg sama juga bisa diterapkan pada prostitusi, ganja, narkotika, minuman keras, dll. Berapa banyak orang yg akan menderita, kehilangan pekerjaan, dll, jika semuanya itu dilarang.

      ITU TIDAK ADIL, kenapa rokok tidak dilarang, malah di anak emaskan ? Bayangkan penderitaan para petani ganja, pengedar narkotika, sabu-sabu, pelaku bisnis prostitusi, minuman keras, dll.

    • sugie on said:

      @jail :
      -memenuhi kebutuhan tidak harus dari rokok
      jika kita meninggalkan sesuatu karena allah, insyaallah kita akan mendapat pengganti yang lebih baik

  10. hana on said:

    RAMUAN AIR KELAPA UNTUK PENGOBATAN ANTI ROKOK/DETOKSIFIKASI RACUN PEMULIHAN STAMINA DAN PENGGANTI CAIRAN INFUS DAN SEGUDANG MANFAAT LAIN.

    RAMUAN ANTI RACUN ROKOK :

    1. Buah kelapa tua di ambil airnya (bisa minta atau beli di tukang kelapa dipasar)
    2. Masukan ke dalam wadah plastik es /botol air mineral baru (jangan di tiup dengan mulut)
    3. Embunkan selama semalam
    4. Pagi-pagi tambahkan sedikit garam kocok sebentar
    5. Minum setiap hari.

    Selain membersihkan racun rokok, dan menghentkan kebiasaan merokok, ramuan ini jika diminum dengan rutin akan membuat tubuh dan wajah lebih muda sehat segar

  11. FATCHU ROCHMAN on said:

    SAYA SANGAT SETUJU KALAU MEROKOK HUKUMNYA HARAM DAN HARAM TITIK.TIDAK ADA TAWAR MENAWAR.YANG MENAWAR HANYALAH MEREKA2 YANG INGIN MEMBELA DIRI SAJA.BETAPA TIDAK ? ALLOH TELAH MEMBERI BANYAK SEKALI KENIKMATAN PADA KITA DAN SEBAGAI HAMBA YANG BERSYUKUR HARUSNYA MENJAGA DAN MEMELIHARA ATAS NIKMAT ALLOH TERSEBUT.BUKANNYA MERUSAK ATAU MERACUNINYA DENGAN MEROKOK.DENGAN KITA MEROKOK BERARTI KITA TELAH MEMBUNUH DIRI KITA SECARA PERLAHAN-LAHAN BAHKAN TELAH MEMBUNUH ORANG DI SEKITAR KITA JUGA SECARA PERLAHAN . BUKANKAH ITU JUA BERARTI KITA TELAH MENGANIAYA DIRI KITA DAN MENGANIAYA ORANG LAIN ? BAGAIMANA HUKUM ENGANIAYA DIRI DAN ORANG LAIN ? JELAS HARAM BROWWW!

  12. FATCHU ROCHMAN on said:

    JANGAN MEMOHONKAN AMPUN PADA MEREKA YANG MENGHARAMKAN ROKOK, TAPI MOHONKAN AMPUN DAN TOBAT PADA MEREKA YANG MENGHALALKAN ROKOK DAN SEMOGA DILURUSKAN JALANNYA SERTA AMALNYA DITERIMA DISISI-NYA. AMIN.

  13. sangat tersiksa rasanya bila terkena asap rokok.
    orang yang merokok selalu tidak peduli dengan teman atau orang disampingnya yang tidak merokok, bahkan seenaknya menghembuskan asap rokok di depan wajah teman yang tidak merokok,
    sungguh terlalu ”””””””

  14. mau bel4 rokok.

  15. saya jujur seorang perokok,saya di sini bukan membela diri saya pribadi,perokok dan yang bilang rokok itu haram,yang saya tahu roko itu makruh tapi hampir mendekati haram,alangkah baiknya merokok,makan pete,jengkol dll di tinggalkan,tapi saya belum bisa,untuk orang yang bilang roko itu haram,hendaklah kalian bicara pada orang yang lagi ngerokok itu dengan baik dan sopan,…….

  16. SITOL on said:

    Jangan menambahi hokum halal atau haram, ikuti aja Al Quran dan Al Hadist bila ada kata-kata rokok haram boleh mengharamkan. Tetapi jangan karena alasan lain seperti bunuh diri, boroslah, atau yang lain-lainnya yang bertujuan memojokkan merokok padahal tidak ada kata-kata rokok didalam ayat tsb.
    Yang haram dan yang halalpun sudah jelas buka dan bacalah Al Quran dan perlu diketahui bahwa yang mengharamkan ROKOK adalah orang Yahudi karena di Tanah mereka tembakau tidak tumbuh dan kalian tahu tembakau adalah tumbuhan yang ditanam oleh mayoritas negra Muslim.
    Yang perlu diteliti adalah mengapa ROKOK tidak diharam yang katanya merugikan menurut Al Quran, itu yang harus dicari jangan menambahi masalah dengan mengharamkan ROKOK.
    Mudah-mudahan kita jangan ikut-ikutan latah.

    • pendidikan islam on said:

      @sitol–>dalam menentukan haram atau tidaknya rokok, tidak harus ada kata-kata yang sama persis menunjukkan bahwa rokok adalah haram. sebagai contoh apakah ada kata-kata dalam alquran yang mengatakan bahwa korupsi adalah haram, terus jika tidak ada, apakah korupsi dihalalkan? kan gak harus seperti itu

      kan gak harus sama persis seperti itu, maka dari itu, wahyu yang pertama diturunkan allah kepada nabi muhammad adalah surat al-alaq, dalam surat tersebut ada kata iqro’, yang artinya bacalah, bacalah dalam hal ini mengandung arti yang sangat luas, seperti membaca peristiwa, mempelajari, menela’ah dan lain-lain.

      ROKOK JELASA Gak ada hubungannya sama YAHUDI, tapi rokok berhubungan anda dan lingkungan di sekitar anda

  17. kurniansyah on said:

    TERLALU BERLEBIHAN KALAU ROKOK DI HARAMKAN,ULAMA DLU LEBIH MANTAP DIBANDING SEKARANG.KALAU DLU NGA ADATU MEROKOK DILARANG BAHKAN MEREKAPUN MEROKOK.KALAU SEKARANG ULAMA BANYAK YG NDAJELAS MEREKA HANYA MENGIYAKAN SESUATU ….BIASA KEBUTUHAN POLITIK…LEBIH BAIK PEMERINTAH MENGATUR TEMPAT YG BOLEH MEROKOK DAN TIDAK ….DARIPADA HARUS MENGHARAMKAN …..
    YG BAIK BUAT ULAMA DAN PEMERINTAH ,GMANA SPAYA TU MIRAS DAN PORTITUSI DAN PENJUDIAN DI URUS …..ITU UDAH NYATA HARAM …ITU AJA DLU DIBERESKAN / DISELESAIAKAN ….?

    • pendidikan islam on said:

      @kurniansyah–>gak ada fungsinya disediakan tempat yang boleh merokok, sudah banyak tempat-tempat seperti itu namun perokok tetap saja memabandel, bahkan di kenai denda dari perda pun tidak berpengaruh sama sekali:), SILAHKAN DI BACA ARTIKEL DIATAS SAMPAI TUNTAS

      • waty on said:

        Pak ustadz… udah lah g”usah bhs lg… buang2 waktu dan tenaga bpk ajja… kn d yg lbh beemanfaat lainnya.. g”hz ttg mslh ini.. niat bpk… baik… mmberi tausiyah terhdp mrk2 dan termsk saya.. saya prnh mmbc sebuah buku islamic.. ttg menjauhi org2 dungu(bodoh/bandel dll) cz g”d untungny bgi diri sendiri.. Toh jg bpk udah nerangin spjg itu+commnt2 bpk udah mewakili… jd buat p bpk mmperpjg n meladeni mrk.. dosa dtgg mrk sndiri n bpk pun udah mmbri pengetahuan…. ok pak…. Stop pe disini.. ditunggu artikel lainnya pak… klo bs minta tafsiran alqur”annya… ^_^ syukron… semangaattt pak n succes selalu…

        • Cebonk on said:

          Assalamualaikum… yang berhak menghalal dan haramkan sesuatu itu hanya Allah SWT. janganlah karena terbawa sesuatu kita malah membuat sebuah hukum baru. sangat banyak hal2 yang dapat merusak diri seseorang dan sangat banyak hadist yang penjelasannya masih kurang jelas. merokok memang sangat buruk bagi kesehatan,tetapi banyak juga hal yang buruk bagi kesehatan. selain punya keburukan,tetapi rokok yg mengandung nicoticic acid juga memiliki sedikit kelebihan. silahkan baca disini www.webmd.com/cholesterol-management/nicotinic-acid-for-high-cholesterol. Saranku hanya satu,janganlah anda mempermasalahkan halal dan haram karena itu hanya HAK Allah SWT. dan berhati2 menjadi ria agar amalan anda dapat diterima. Islam adalah agama yang indah,jadi jangan kacaukan hal2 yang indah itu dengan pernyataan2 yang masih kurang baik penjelasanya. Selain itu anda yg sudah menggunakan hadist sebanyak itupun masih tidak dapat menyamakan korupsi dan taruhan bola. korupsi sama dengan mengambil hak org lain dan taruhan bola sama dengan judi. Saran saya sebagai sesama umat islam cuma satu… mari kita beribadah karna rasa syukur bukan karena halal,haram,wajib,sunnah dan takut berdosa karna takut surga dan neraka. dan sesama umat muslim harusnya saling mendoakan. dan satu hal yang saya kurang suka dari tulisan anda,anda menjelek2kan ustadz dan kyai karna menghalalkan merokok,sedangkan dalam islam sangat jelas hukumannya… mudah2an ini menjadi intropeksi bagi kita semua. wassalam.

          • pendidikan islam on said:

            Sepertinya anda belum tahu akan definisi haram? Apakah untuk membuat sebuah label halal pada makanan yang akan kita jual di supermarket harus minta izin ALLah Swt yang menentukan, tentu tidak bukan, anda akan meminta label halal melalui MUI. begitu juga dengan rokok.!!!

            Coba anda baca lagi, sudah saya saya tulis bahwa merokok sangat lebih banyak mudhorotnya daripada manfaatnya.!!!

            Tidak bermaksud untuk menjelekkan ustad/kiai, justru supaya para kiai/ustad itu sadar untuk tidak merokok lagi!!! Cerita: Ada pengalaman seseorang yang tidak mau datang ke suatu majelis ta’lim, saya tanya kenapa anda tidak mau datang lagi ke majelis? saya tidak betah dengan asap rokok yang dikepulkan oleh seorang ustadz, saya tidak bisa napas sama sekali,lebih baik saya tidak ikut majelis daripada bunuh diri, jawab dia. Nah dari cerita tersebut dapat diambil sebuah pelajaran, karena kepulan asap rokok tersebut ternyata menghalangi niat baik seseorang untuk memperoleh ilmu.

  18. susah kalau sudah kecanduan.. halal haram hantammm..

  19. rahmad on said:

    mas bagaimana hukumnya bakul roko sedangkan hampir disemua toko dindonesia ini penjual rokok berarti haram juga y mas

    • pendidikan islam on said:

      @rahmad–>penjual hukumnya makruh, tapi yang ngerokok hukumnya haram, kecuali kalau orang yang merokok tersebut bisa membuat cerobong asap setinggi cerobong asap pabrik agar asapnya tidak kena hirup orang yang tidak merokok

  20. salman on said:

    dulu aku perokok berat,cari hukum rokok yang menghalalkan,sekarang cari yang mengharamkan untuk memantapkan berhenti merokok

  21. Anjar kambangan on said:

    Emang berdasarkan effeknya mungkin haram…
    Saya juga perokok berat banget . Sehari 3 bungkus…
    Dan setelah saya baca ini. Fikiranku gimanaa caranya hilngin nafsu rokok ini.
    Perokok biasanya gara2 fikiran. Kacau. Ngelamun. Gak da kegiatan. / terkadang cuma bikin gaya2an doang.

    • pendidikan islam on said:

      yang penting ada kemauan kuat pasti bisa, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, and bisa mencoba penyembuhan lewat hipnotis atau yang dikenal dengan hypnotheraphy

  22. Si Udin on said:

    Yang jelas YA HARAM THO, wong menurut pak ustad waktu aku blajar ngaji dulu. Tembakau itu tumbuh dari kotoran firaun lho. Ceritanya ..

  23. SLAMET ABIDIN on said:

    sudah deh kita ngomong data aja… data dari WHO saat ini, 10 negara konsumen rokok terbesar rokok di dunia tidak masuk dalam 10 negara terbesar penderita kanker, paru-paru dan jantung…. hayooo… mau ngomong apa

    • pendidikan islam on said:

      @slamet abidin–>Tidak ada hubungannya, yang kita bahas adalah bahwa merokok merugikan orang yang tidak merokok dan mendhalimi orang yang tidak merokok

  24. Ismail on said:

    Kita Mahluk yang Sempurnah. saya Perokok tapi tidak untuk diajarkan. Diberi ksempatan memilih Nasib sendiri didunia ini dengan “pengetahuan” karna adanya perbandingan dari mahluk yang Lain…,Takdir sudah jelas ketetapan yg tdk bisa dihindari, melakukan kebiasaan karna diri sendiri, Yang penting tidak menyusahkn mahluk yg lain, apa lagi keluarga sendiri & lain2. jalan kita bedah tapi mungkin tujuan kita sama, “ISLAM”. Saya tidak Mencari Perbedaan Tapi Persamaan. Apa yang tertulis dan tidak tertulis karna Izinnya.

  25. Hendro Cahyono on said:

    Tulisan yang menarik ini tidak bisa di-copy, sehingga saya tidak bisa segera memanfaatkannya.

    • pendidikan islam on said:

      langsung download saja (kilik tulisan download artikel pdf yang ada di akhir artikel), tidak usah pakai copy paste

  26. candra saputra on said:

    Merokok tdk merokok itu sbuah pilihan, kita dikasih Allah SWT akal pikiran untuk dapat membedakan mana yang baik dan benar atau buruk dan salah..

  27. haram itu bila sesuatu yg merugikan..kalo saya merokok minta duit ma bpamu dan emamu dan kamu mrasa rugi itu hara nmanya.. Jngan mnghramkan sesuatu tanpa dalil..

    • pendidikan islam on said:

      @uki–>tidak semua yang haram itu harus ditentukan menggunakan dalil, contoh taruhan bola itu jelas haram, dan tidak ada satupun ayat di alqruan yang menyebutkan bahwa taruhan bola itu haram. Merokok itu jelas merugikan orang lain yang tidak merokok meskipun anda membelinya dengan uang anda sendiri

    • sandi on said:

      Merokok itu merugikan bego….
      Coba manfaat nya apa buat lw??

  28. murkadiz on said:

    Bapak ibu saudara/i semua setelah baca artikel diatas aku sadar dari lubuk hatiku,bahwa merokok dilarang oleh agama..mulai detik ini aku berusaha untuk tidak merokok lagi mohon doa dari semu..dan semoga yang lain juga bisaaminnn

  29. mas bro on said:

    kayak yang punya syari’at aja…. preeekkkk…

  30. andiy on said:

    talasonu maneng

  31. agus dian on said:

    Saya perokok. Sya ingin berhenti atas kesadaran sendiri bahwa rokok itu haram.. ini buat yg ga setuju rokok itu haram mana dalilnya???? Kalo ga tau jgn sok tahu dehh

  32. ente goblok on said:

    Ente jenius.. besok ente bikin aliran baru ye..

  33. Anggoro Prasetyo on said:

    saya perokok…saya pengen berhenti…tolong do’akan saya

  34. gnt fiber on said:

    saya sekilas mendengar , bawasanya merokok itu akan di haramkan?
    kenapa undang undang nya di perbaharui ?
    sedangkan hukum dalam alkuran itu sudah dari dahulu kala
    salam hangat : http://tanjungherbal.com/cream-arabian/

  35. suneo on said:

    semua hukum tergantung pada kondisi dan zaman. namun nas Allah sudah jelas

  36. sandi on said:

    Setelah membaca semua komen komen nya…
    Saya pikir pembenaran pembenaran yang mereka ucapkan itu..hanya untuk membel diri mereja sendiri karn mereka perokok…
    Baca baik baik artikel nya…
    Rokok bisa membunuh mu..sedangkan membunuh diri sendiri itu hukum nya dosa besar..teramat amat besar..termasuk menganiaya diri sendiri…
    Saya perokok aktif..saya menyadari itu..
    Koment nya di pikir dulu…
    Ngomongin Rokok malah lari ke durian…
    Bego..tolol…jangan di sebarkan..telen sendiri.

  37. Trias on said:

    saya juga perokok aktif yg ingin berhenti merokok..
    tolong do’akan..
    Sebaiknya pemerintah dan MUI tegas akan larangan untuk merokok seperti halnya narkoba atau ganja. Pemerintah harus membatasi produksi dan penjualan rokok diseluruh Indonesia agar jangan ada disetiap kios atau warung hingga akan sangat sulit untuk memperolehnya/membelinya.

  38. ferdi on said:

    saya adalah salah satu perokok berat, saya mengakui merokok itu memang tidak baik untuk semua orang termasuk saya sendiri…untuk masalah haram atau tidaknya saya kurang begitu paham, mungkin karna ilmu saya masih dangkal..setelah membaca artikel diatas saya ingin sekali berhenti merokok tapi susah sekali, apa lagi kalo lagi bengong, pasti yang dicari rokok..memang sih gak ada yg gak mungkin didunia ini, yang penting niat, tapi mw gmn lagi..sekalinya sudah mengurangi rokok ttp saja kesananya balik lagi…mungkin karna lingkungan pergaulan yang notabene perokok..saya akan terus berusaha agar bisa berhenti ngerokok…bantu doakan saya yah semua..

  39. Sierra on said:

    Setauku di buku2 agamaku waktu sd ato dibuka petunjuk sholatku. Rokok itu makruh hukumnya sama seperti makan pete

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.