Ingin Buka Toko Online ? Ketahui Dulu Dong Syariatnya

Masuk-islam.com Toko online dalam dunia IT sering disebut dengan web ecommerce. Biasanya web ecommerce memiliki sistem yang dibuat agar customer dapat melakukan pemesanan melalui web tersebut. Jadi pada dasarnya web ecommerce itu menjadi media/alat untuk memesan barang kepada penjual barang.

Kata kunci utama dalam web ecommerce adalah jual beli pesanan. Jual beli pesanan dalam istilah fikih disebut dengan salam. Oleh sebab itu, mari kita simak sedikit penjelasan tentang salam ini.
SALAM
Salam adalah salah satu dari bentuk jual-beli (alba’i). Sehingga pembahasannya juga berdekatan dengan jual beli.

Syafi’iyah dan Hanabilah memberikan definisi salam yaitu:
“Salam adalah suatu akad atas barang yang disebutkan sifatnya dalam perjanjian dengan penyerahan tempo dengan harga yang diserahkan di majelis akad.”

Malikiyah memberi definisi salam “adalah jual beli dimana modal(harga) dibayar di muka, sedangkan barang diserahkan di belakang”.

Dalam Q.S Albaqarah ayat 282 disebutkan bahwa “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya.”
RUKUN SALAM:
1. ‘Aqid, yaitu pembeli dan penjual
2. Ma’qud alaih, yaitu barang yang dipesan dan harga atau modal salam.
3. Sighat yaitu ijab dan Qabul.

Dalam hal ijab; menurut syafi’iyah salam tidak sah kecuali menggunakan lafal salam (seperti: saya pesan kepadamu barang ini). Lalu dijawab dengan (saya terima pesanan itu).
SYARAT SALAM
1. Jenis barang harus diketahui
2. Sifatnya diketahui
3. Ukuran atau kadarnya diketahui
4. Masanya tertentu (diketahui)
5. Harganya diketahui
6. Menyebutkan tempat pemesanan.

Itulah gambaran sedikit tentang definisi salam dan syaratnya. Hal-hal utama yang harus diperhatikan oleh penjual adalah terkait syarat dari salam, harus diketahui jenis dan sifat-sifat barangnya.

Tambahan lagi dari SEOMOZ, bahwa jika anda ingin mnegoptimalkan penjualan online Anda, maka unsur-unsur yang bisa menyebabkan ketidapercayaan calon pembeli harus dihilangkan. Beberapa hal penting yang harus ada dalam sebuah toko online adalah: deskripsi dan ulasan produk, testimoni pembeli, kontak dana alamat fisik yang jelas.

Read more: http://islamwiki.blogspot.com/2012/11/pengen-buka-toko-online-ketahui-dulu.html#ixzz2G1o9bJFr

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...