Jenis dan Macam-Macam Ilmu Gaib Islam Kejawen

Di Publikasikan 18 Feb 2013 // Oleh // Kategori Dunia Islam //

A. Pengertian Ilmu Ghaib

Sebelum membahas Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen, kita akan memperjelas dulu pengertian Ilmu Gaib yang kita pakai sebagai istilah di sini.
Ilmu Gaib adalah kemampuan melakukan sesuatu yang tidak wajar melebihi kemampuan manusia biasa, sering juga disebut sebagai Ilmu Metafisika, Ilmu Supranatural atau Ilmu Kebatinan karena menyangkut hal-hal yang tidak nampak oleh mata.
Beberapa kalangan menganggap Ilmu Gaib sebagai hal yang sakral, keramat dan terlalu memuliakan orang yang memilikinya, bahkan menganggap wali atau orang suci.ilmu islam kejawen
Perlu diterangkan, bahwa keajaiban atau karomah yang ada pada Wali (orang suci kekasih Tuhan) tidak sama dengan Ilmu Gaib yang sedang kita pelajari, wali tidak pernah mengharap mempunyai keajaiban tersebut, karomah itu datang atas kehendak Allah karena mereka adalah orang yang sangat saleh dan rendah hati, sementara kita adalah orang yang meninta kepada Allah agar melimpahakan kekuasaan-Nya untuk keperluan kita.

Dalam hasanah perkembangan Ilmu Gaib di Indonesia, kita mengenal dua aliran utama yaitu Aliran Hikmah dan Aliran Kejawen.
Aliran Hikmah berkembang di kalangan pesantren dengan ciri khas doa/mantra yang murni berbahasa Arab (kebanyakan bersumber dari Al-Quran).
Sedangkan Aliran Kejawen yang ada sekarang sebetulnya sudah tidak murni kejawen lagi, melainkan sudah bercampur dengan tradisi islam. Mantranya pun kebanyakan diawali dengan basmalah kemudian dilanjutkan dengan mantra jawa. Oleh kerena itu, saya menyebutnya Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen.

Tradisi islam-kejawen inilah yang lebih banyak mewarnai keilmuan Silat Rohani.

B. Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen

Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen bersumber dari alkulturasi (penggabungan) budaya jawa dan nilai-nilai agama islam. Ciri khas aliran ini adalah doa-doa yang diawali basmalah dan dilanjutkan kalimat bahasa jawa, kemudian diakhiri dengan dua kalimat sahadad. Aliran Islam Jawa tumbuh syubur di desa-desa yang kental dengan kegiatan keagamaan (pesantren yang masih tradisional).
Awal mula aliran ini adalah budaya masyarakat jawa sebelum islam datang yang memang menyukai kegiatan mistik dan melakukan ritual untuk mendapatkan kemampuan suparantural. Para pengembang ajaran islam di Pulau Jawa (Wali Songo) tidak menolak tradisi jawa tersebut, melainkan memanfaatkannya sebagi senjata dakwah.
Para Wali menyusun ilmu-ilmu Gaib dengan tatacara lelaku yang lebih islami, misalnya puasa, wirid mantra bahasa campuran arab-jawa yang intinya adalah do’a kepada Allah. Mungkin alasan mengapa tidak disusun mantra yang seluruhnya berbahasa Arab adalah agar orang jawa tidak merasa asing dengan ajaran-ajaran yang baru mereka kenal.
Di Indonesia, khususnya orang jawa, pasti mengenal Sunan Kali Jaga (Raden Said). Beliau inilah yang paling banyak mewarnai paham islam-kejawen yang dianut orang-orang jawa saat ini. Sunan Kali jaga menjadikan kesenian dan budaya sebagai kendaraan dakwahnya. Salah satu kendaran Sunan Kali Jaga dalam penyebaran ajarannya adalah melalu tembang / kidung.
Kidung-kidung yang diciptakannya mengandung ajaran ketuhanan dan tasawuf yang sangat berharga, ajaran islam yang luwes dan menerima berbagai perbedaan, Bahkan Sunan Kali Jaga juga menciptakan satu kidung “Rumeksa Ing Wengi” yang menurut saya bisa disebut sebagai Ilmu Gaib atau Ilmu Supranatural, karena ternyata orang yang mengamalkan kidung ini memiliki berbagai kemampuan supranatural.

C. Konsep Aliran Islam Kejawen

Setiap perilaku manusia akan menimbulkan bekas pada jiwa maupun badan seseorang. Perilaku-perilaku tertentu yang khas akan menimbulkan bekas yang sangat dasyat sehingga seseorang bisa melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan manusia biasa. Perilaku tertentu ini disebut dengan tirakat, ritual, atau olah rohani.
Tirakat bisa diartikan sebagai syarat yang harus dipebuhi untuk mendapatkan suatu ilmu.

  • Penabungan Energi
    Karena setiap perilaku akan menimbulkan bekas pada seseorang maka ada suatu konsep yang khas dari ilmu Gaib Aliran Islam Jawa yaitu Penabungan Energi. Jika bandan fisik anda memerlukan pengisian 3 kali sehari melalui makan agar anda tetap bisa beraktivitas dengan baik, begitu juga untuk memperoleh kekuatan supranatural, Anda perlu mengisi energi. Hanya saja dalam Ilmu Gaib pengisian ernergi cukup dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Penabungan energi ini dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam tergantung jenis ilmu yang ingin dikuasai.
    Cara-cara penabungan energi lazim disebut Tirakat.
  • Tirakat
    Aliran Islam Kejawen mengenal tirakat (syarat mendapatkan ilmu) yang kadang dianggap kontroversial oleh kalangan tertentu. Tirakat tersebut bisa berupa bacaan doa. wirid tertentu, mantra, pantangan, puasa atau penggabungan dari kelima unsur tersebut. Ada puasa yang disebut patigeni (tidak makan, minum, tidur dan tidak boleh kena cahaya), nglowong, ngebleng dan lain-lain. Biasanya beratnya tirakat sesuai dengan tingkat kesaktian suatu ilmu. Seseorang harus banyak melakukan kebajikan dan menjaga bersihnya hati ketika sedang melakukan tirakat.
  • Khodam
    Setiap Ilmu Gaib memiliki khodam. Khodam adalah mahluk ghaib yang menjadi “roh” suatu ilmu. Khodam itu akan selalu mengikuti pemilik ilmu. Khodam disebut juga Qorin, ialah mahluk ghaib yang tidak berjenis kelamin artinya bukan pria dan bukan wanita, tapi juga bukan banci. Dia memang diciptakan semacam itu oleh Allah dan dia juga tidak berhasrat kepada manusia. Hal ini berbeda dengan Jin yang selain berhasrat kepada kaum jin sendiri kadang juga ada yang “suka” pada manusia.

D. Macam-macam Ilmu Aliran Islam Kejawen

Berikut adalah klasifikasi ilmu gaib bedasarkan fungsinya menurut Erlangga. Mungkin orang lain membuat klasifikasi yang berbeda dengan klasifikasi menurut Erlangga. Hal tersebut bukan masalah karena memang tidak ada rumusan baku tentang klasifikasi ilmu Gaib.

  1. Ilmu Kanuragan atau Ilmu Kebal
    Ilmu kanuragan adalah ilmu yang berfungsi untuk bela diri secara supranatural. Ilmu ini mencakup kemampuan bertahan (kebal) terhadap serangan dan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa. Contohnya ilmu Asma’ Malaikat, Hizib Kekuatan Batin, Sahadad Pamungkas dll.
  2. Ilmu Kawibaan dan Ilmu Pengasihan
    Inilah ilmu supranatural yang fungsinya mempengaruhi kejiwaan dan perasaan orang lain. lmu Kewibaan dimanfaatkan untuk menambah daya kepemimpinan dan menguatkan kata-kata yang diucapkan. Orang yang menguasai Ilmu Kewibawaan dengan sempurna akan disegani masyarakat dan tidak satupun orang yang mampu melawan perintahnya apalagi berdebat. Bisa dikatakan bila Anda memiliki ilmu ini Anda akan mudah mempengaruhi dan membuat orang lain nurut perintah Anda tanpa berpikir panjang.
    Sedangkan Ilmu Pengasihan atau ilmu pelet adalah ilmu yang berkaitan dengan maslah cinta, yakni membuat hati seseorang yang Anda tuju menjadi simpati dan sayang. Ilmu ini banyak dimanfaatkan pemuda untuk membuat pujaan hati jatuh cinta padanya. Ilmu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lawan yang berhati keras menjadi kawan yang mudah diajak berunding dan memulangkan orang yang minggat.
  3. Ilmu Trawangan dan Ngrogosukmo
    Jika Anda ingin tahu banyak hal dan bisa melihat kemana-mana tanpa keluar rumah, maka kuasailah ilmu trawangan. Ilmu trawangan berfungsi untuk menajamkan mata batin hingga dapat menangkap isyarat yang halus, melihat jarak jauh, tembus pandang dan lain-lain. Sedangkan Ilmu Ngrogosukmo adalah kelanjutan dari Ilmu Trawagan. Dalam ilmu trawangan hanya mata batin saja yang berkeliaran kemana-mana, sedangkan jika sudah menguasai ilmu ngrogosukmo seseorang bisa melepaskan roh untuk melakukan perjalanan kemanapun dia mau. Baik Ilmu Trawangan maupaun Ngrogosukmo adalah ilmu yang tergolong sulit dipelajari karena membutuhkan keteguhan dan kebersihan hati. Biasanya hanya dikuasi oleh orang yang sudah tua dan sudah tenang jiwanya.
  4. Ilmu Khodam
    Seseorang disebut menguasai ilmu khodam bila orang yang tersebut bisa berkomunikasi secara aktif dengan khodam yang dimiliki. Khodam adalah makhluk pendamping yang selalu mengikuti tuannya dan bersedia melakukan perintah-perintah tuannya. Khodam sesungguhnya berbeda dengan Jin / Setan, meskipun sama-sama berbadan ghaib. Khodam tidak bernafsu dan tidak berjenis kelamin.
  5. Ilmu Permainan (Atraksi)
    Ada ilmu supranatural yang hanya bisa digunakan untuk pertunjukan di panggung. Sepintas ilmu ini mirip dengan ilmu kanuragan karena bisa memperlihatkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam, minyak panas dan air keras. Namun ilmu ini tidak bisa digunakan untuk bertaruang pada keadaan sesungguhnya. Contoh yang sering kita lihat adalah ilmunya para pemain Debus.
  6. Ilmu Kesehatan
    Masuk dalam kelompok ini adalah ilmu gurah (membersihkan saluran pernafasan), Ilmu-ilmu pengobatan, ilmu kuat seks, dan ilmu-ilmu supranatural lain yang berhubungan dengan fungsi bilologis tubuh manusia.

E. Tiga Cara Penurunan Ilmu Ghaib

Ada tiga hal yang menyebebkan seseorang memiliki kemampuan supranatural. Yaitu:

  1. Menjalankan Tirakat.
    Tirakat adalah bentuk olah rohani khas jawa yang tujuannya untuk memperoleh energi supranatural atau tercapainya suatu keinginan. Tirakat tersebut bisa berupa bacaan doa, mantra, pantangan, puasa atau gabungan dari kelima unsur tersebut. Inilah yang disebut belajar ilmu gaib sesungguhnya, karena berhasi atau tidaknya murid menjalankan tirakat hingga menguasai ilmu, tergantung sepenuhnya pada dirinya sendiri. Dalam hal ini guru hanya memberi bimbingan.
  2. Pengisian.
    Seseorang yang tidak mau susah payah juga bisa mempunyai kemampuan supranatural, yaitu dengan cara pengisian. Pengisian adalah pemindahan energi supranatural dari Guru kepada Murid. Dengan begitu murid langsung memiliki kemampuan sama seperti gurunya. Pengisian (transfer ilmu) hanya bisa dilakukan oleh Guru yang sudah mencapai tingkatan spiritual yang tinggi.
  3. Warisan Keturunan.
    Seseorang bisa mewarisi ilmu kakek-buyutnya yang tidak ia kenal atau ilmu orang yang tidak dikenal secara otomatis tanpa belajar dan tanpa sepengetahuannya. Maka ada yang menyebutnya “ilmu tiban” yang artinya datang tanpa disangka-sangka.

F. Mitos Tentang Efek Samping

Beberapa orang masih menyakini bahwa pemilik Ilmu Gaib akan mengalami kesulitan hidup dan mati, susah dapat rezeki, bisa sakit jiwa (gila), menderita saat akan mati dll. Saya membantah mentah-mentah argument tersebut. Bukankah masalah rizqi dan nasib adalah Allah SWT yang menentukan.
Memang ada banyak pemilik ilmu gaib adalah orang yang tak punya uang alias miskin, tapi saya yakin itu bukan disebabkan oleh ilmunya, melainkan karena dia malas bekerja dan bodoh.
Kebanyakan orang yang memiliki ilmu gaib menjadi sombong dan malas bekerja, hanya mengharapkan orang datang meminta pertolongannya lalu menyelipkan beberapa lembar rupiah ketika bersalaman. Jadi bukan karena Ilmunya.
Sebetulnya baik buruk efek Ilmu Gaib tergantung pemiliknya. Bisa saja Allah menghukum dengan cara menyulitkan rezeki, menyiksa saat datangnya ajal atau hukuman lain karena orang tersebut sombong dan suka menindas orang lain dengan ilmunya, bukankah kita selalu dalam kekuasaan Allah.

Itulah pembahasan dan penjelasan mengenai Macam-macam ilmu gaib islam aliran kejawen, jika ada yang kurang silahkan berkomentar di bawah!

Wallohu ‘Alamu Bishowab

Referensi – Artikel dikutp serta diperbarui masuk-islam.com dari indonesiaindonesia.com/f/47894-ilmu-islam-kejawen

Kata kunci : tirakat dalam islam | arti tirakat | pengertian tirakat | doa ilmu kanuragan | pengertian ilmu kanuragan | doa kebal dalam al quran | mantra tembus pandang |
Jenis dan Macam-Macam Ilmu Gaib Islam Kejawen Reviewed by pendidikan islam on . Jenis dan Macam-Macam Ilmu Gaib Islam Kejawen

A. Pengertian Ilmu Ghaib Sebelum membahas Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen, kita akan memperjelas dulu pengertian Ilmu Gaib yang kita pakai sebagai istilah di sini. Ilmu Gaib adalah kemampuan melakukan sesuatu yang tidak wajar melebihi kemampuan manusia biasa, sering juga disebut sebagai Ilmu Metafisika, Ilmu Supranatural atau Ilmu Kebatinan karena menyangkut hal-hal yang tidak nampak [...]

Rating: 5

23 comments on “Jenis dan Macam-Macam Ilmu Gaib Islam Kejawen

  1. dion ahmad on said:

    apa pentingnya ilmu-ilmu yang disebutkan diatas tadi? justru ilmu-ilmu itu yang menyebabkan bangsa Indonesia tidak maju sampai detik ini juga. tinggalkanlah budaya-budaya seperti ini. bangsa barat (eropa dan amerika) maju bukan karena ilmu-ilmu seperti ini. kita (muslim di Indonesia) sering mengolok-olok bangsa barat sebagai penjahat dunia dan kafir serta durhaka kepada Allah SWT. tapi lihat dengan jelas sisi positifnya yang dapat kita ambil. mereka juga kaum pekerja keras dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan hal-hal yang menjadi tujuan hidup mereka.di akhir jaman ini mereka dapat mengambil alih berbagai macam bidang ilmu pengetahuan dan menjadikannya sebagai kekuatan yang dapat membangun intelektual masyarakatnya dan perekonomian negaranya. apa yang mereka pelajari? mereka mempelajari hal-hal yang bersifat nyata. yaitu ilmu-ilmu Allah yang dipergunakan sebagai bekal untuk bertahan hidup di alam dunia nyata. apa hasilnya? bisa kita lihat sendiri. sementara umat islam di indonesia sibuk mempelajari kebodohan yang berulang-ulang. dengan embel-embel warisan budaya. ilmu-ilmu yang disebutkan diatas menjadi salah satu contoh ilmu tidak nyata yang sangat tidak bermanfaat. menurut saya ilmu tersebut bukanlah ilmu yang membuat anda menjadi bangsa maju. justru ilmu-ilmu tersebut semakin menjauhkan anda dari Allah SWT. ketika memiliki salah satu ilmu tersebut, si pemilik ilmu langsung meng klaim mampu memahami hal-hal gaib. itu sama saja dengan perbuatan menyekutukan Allah. karena hanya Allah yang mengetahui hal-hal yang gaib. bahkan sekelas malaikat pun tidak mampu mengetahui hal-hal gaib tersebut yang menjadi rahasia Allah SWT. apalagi manusia? jelas tidak mungkin dan tidak masuk akal. apalagi itu namanya kalau bukan bersekutu dengan jin? sekalipun itu jin islam. ujung-ujungnya lebih rajin bertanya kepada jin daripada berdoa memohon kepada Allah SWT sang pencipta segalanya. ujung-ujungnya hanya menjadi tempat bertanya tentang jodoh, rejeki, karier, bisnis, dll. yang sebenarnya semua itu adalah Hak Allah SWT yang maha mengetahui hal-hal yang bersifat gaib. lebih baik berilmu yang nyata dan bermanfaat untuk banyak orang dibanding mempelajari ilmu gaib demi kesombongan. mohon maaf kalau ada salah perkataan. bukan maksud untuk menyinggung penulis dan pemilik web ini serta pemilik-pemilik ilmu gaib lainnya. be smart! assalamualaikum

    • hambamu on said:

      Anda masih harus trus belajar dalam 4 anasir dan 7 sifat ma’ani yang ada pada diri anda yang di berikan ALLAH pada setiap ,manusia. Apa maksud nya ALLAH memberikan itu pada kita . Cari tau yaaaa…. agar anda bisa mengerti …. ok. Assalamu’alaikum!

      • stranger on said:

        وعليكم السلام
        #hambamu: < yg saudara sampaikan tentang 4 anasir dan 7 sifat ma'ani adalah pengetahuan dasar mengenal diri… itu bukan ilmu GHAIB jika sudah mengenal yg ghaib biarkan saja ghaib… jgn diungkap hanya akan menjadi AIB bagimu ;)

    • kalau nggak ngerti goib jangan sok tau on said:

      kalau nggak tau goib jangan sok tau

      • stranger on said:

        bukan goib lagi namanya kalo di ketahui, yg tau goib pasti dia akan ikut meng-goib dan tidak akan ikut meng-gosip :D

  2. Assalamualaikum penulis yth,
    Saya ingin bertanya, apakah perbedaan ilmu ghaib dalam islam dengan sihir

    Terimakasih sebelumnya

    • pendidikan islam on said:

      @Dody–> Kalo ilmu sihir itu sudah jelas datangnya dari setan, tapi kalo ilmu ghaib belum tentu dengan bantuan setan

      • hahaha on said:

        Ilmu gaib dan sihir memang beda, klo gaib justru dari setan dan makhluk halus lainnya, klo sihir yg seperti di film harry potter. Begitulah

    • stranger on said:

      mohon ijin admin ikut nambahin… samasekali ga ada sangkut pautnya ilmu ghaib dan sihir, ilmu ghaib sejatinya pengetahuan tentang hal-hal yg di ghaib-kan dan sebagian kecil pengetahuan ghaib itu misalnya tentang kejadian hari esok dan akan di ketahui setelah terjadinya dari situ dapat di ambil pelajaran dan di jadikan ilmu … sedangkan sihir pengetahuan yg jelas dan dapat diajarkan cara menggunakannya dan itu hanya utk menguji di kalangan org yg beriman, siapa2 yg mengerti pasti akan meninggalkan sihir dan yg tidak mengerti pasti menggunakannya ;)

  3. omdoang on said:

    semua ilmu boleh dipelajari yg tak boleh mempelajari untuk kemaksiatan

  4. ORANG BARU on said:

    Saya tak punya ilmu gaib tapi menggunakan milik, Ilmu dan semua pemberian yang dberikan kepada saya oleh Yang Maha Gaib

  5. Stranger on said:

    السلا م عليكم ور وب

    udah ah ambil hikmahnya ajah…. catatan buat admin nama webnya bagus…. inspiratif, isi artikel kedepannya diseleksi lagi yah… yg komen puanjang itu saya setuju deh sama kamu :) buat yg komen yg mengaku hamba itu … yg rahasia biar lah rahasia sesuatu yg rahasia jika di ungkap akan menjadi aib… :)

  6. IWAN on said:

    maaf boleh ikutan, sebenarnya bagus penulis web ini,bwt artikel sprti ini..manusia hdp kan dr gaib, jd biar manusia tau akan jati diri.. hakekatnya tanpa di sadari, semua manusia itu bukan siapa2 yg menggerakan itu gaib,inspirasi atau ilham yang menggerakan jg gaib, mknya knp manusia jd pintar. atau jd ilmuwan mereka bukan siapa2 tanpa tau, drimana,.ilmu itu, makanya kita jd bangsa yg berbudaya,.dan brketuhanan.

  7. stranger on said:

    GHAIB di buka jadi GOSIP semakin di gosok semakin sip yg ada hanya AIB :)

  8. wisnu on said:

    saya ingin menyembuhkan tman saya yg suka minuman keras bagai mna caranya pak..???

    • pendidikan islam on said:

      @wisnu–>ajak dulu ke lingkungan yang agamis, kalo lingkungannya tidak mendukung sangat sulit untuk mengubahnya

  9. master gendam on said:

    informasi yang sangat bermanfaat..
    sudah lama saya mencari informasi yang seperti ini…
    ijin menyimak ya…, sip maju terus…
    master ilmu gendam

  10. cah gombong kebumen jawa tengah on said:

    ga usah pd pgn sling benar tinggal di lihat di baca udah…wolessssssssss

  11. MIRAN on said:

    Inti nya Jangan Sampai Menduakan ALLOH SWT.

  12. Hartono on said:

    Mohon maaf, doa untuk keajaiban ada gak???. masalahnya begini. Saya baru saja dijahatin orang. Saya kan punya video tentang diri saya yang sangat privasi. Video itu saya letakkan di Flash disk. Flash disk saya hilang, dan tiba-tiba ada video saya di youtube. Bagaimana caranya agar yang mengupload video tersebut mau menghapusnya dari youtube??? tolong beri saya bantuan doa atau apa semacamnya…..trima kasih

    • pendidikan islam on said:

      @hartono–>tidak ada amalan khusus, saran saya berdoalah kepada allah dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan, serta iringi degan sholat hajat!

  13. wagikoencoro on said:

    mau tanya amalan ilmu kejawen apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.