Kementrian Agama Resmi Meluncurkan Aplikasi Alquran Digital Pertama

Selama ini banyak sekali aplikasi alquran digital bermunculan dengan versinya masing-masing, namun untuk kali ini aplikasi alquran dibuat secara resmi oleh kementrian Agama Republik Indonesia.

Kementrian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat akan menyelenggarakan seminar internasional Alquran di Jakarta, selama tiga hari, 30 Agustus hinggal 1 September 2016. semintar tersebut mengangkat tema Peran Mushaf Alquran dalam Membangun Peradaban Islam dan Kemanusiaan, Dalam rangka seminar internasional Alquran Kementerian Agama juga akan diluncurkan sebuah Aplikasi Alquran Digital yang dilengkapi dengan terjemah, tafsir dan literature lainnya

Seperti apakah keistimewaan aplikasi quran digital buatan kementrian agama ?

gambar alquran digital kementrian agama
Ayat Al-Qur’an dalam aplikasi tersebut menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani, Standar Indonesia adalah Mushaf Al-Quran yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca, dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Ahli Al-Quran yang berlangsung sebanyak 9 kali dari tahun 1974-1983, Dan dijadikan pedoman bagi mushaf Al-Qur’an yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama.

Aplikasi ini tersedia dalam format Android, Web, dan IOS. Di samping menyajikan teks Al-Qur’an lengkap 30 juz, aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dalam dua varian: tahlili dan ringkas, dan suara murattal Al-Qur’an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Terjemahan Al Quran yang terdapat dalam aplikasi ini berasal dari Al Quran dan Terjemahnya yang disusun oleh tim yang dibentuk oleh Kementerian Agama.

Sedangkan Tafsir Tahlili yang terdapat dalam aplikasi ini bersumber dari Al Quran dan Tafsirnya yang diterbitkan Kementerian Agama.

Sementara itu, untuk fitur Tafsir Ringkas Al Quran Al Karim adalah sebuah buku hasil kajian tafsir yang disusun oleh tim yang dibentuk Kementerian Agama bekerja sama dengan Pusat Studi Al Quran (PSQ) Jakarta.

Saat ini, tafsir ini baru hadir satu jilid yang terdiri juz 1 – 15. Adapun jilid kedua yang berisi juz 16-30 akan menyusul di aplikasi.

Aplikasi ini akan terus dikembangkan dan ditambahkan nanti juga ada tafsir tematik, tafsir ilmi dan lain sebagainya. Juga akan ada fitur ‘Asbabun Nuzul

Bagi anda para pengguna smartphone android dapat mendownloadnya di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quran.kemenag

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...