Kenapa Puasa Ramadhan Sering Ngantuk ? Inilah Cara Mengatasinya !

Masuk-islam.comApakah anda semua sering merasakan ngantuk yang berat ketika puasa ramadhan ? Apa penebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ?
ngantuk saat puasa

PENYEBAB NGANTUK SAAT PUASA

Ternyata bukan hanya kurang tidur yang menjadi penyebabnya, tapi juga karena metabolisme tubuh yang berubah. Perubahan gaya hidup terutama pada pola tidur pada orang yang berpuasa membuat jumlah jam tidurnya berkurang karena harus terbangun dinihari. akan tetapi sesungguhnya bisa diatasi dengan tidak begadang atau tidur terlalu larut. Tubuh juga akan mulai menyesuaikan irama tidur selama puasa.

Penyebap Utama kantuk yang teramat sangat adalah menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi. Otak mendapatkan asupan energi dalam bentuk glukosa, sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan mempengaruhi kinerja dari otak. Otak mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh.

Setelah energi yang dihasilkan oleh makanan sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk membantu memberikan energi bagi tubuh sehingga otak dan sistem tubuh lainnya bisa bekerja maksimal.

Jika cadangan energi di tubuh tidak cukup untuk memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka tubuh akan merasa lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa kantuk.

Karena itu sebagian besar orang akan mulai merasa kantuk ketika sudah memasuki siang hari yang mana pada saat tersebut cadangan energi di dalam tubuh orang berpuasa sudah mulai berkurang.

Faktor lain adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh bisa membuat seseorang merasa kantuk saat siang hari. Hal ini biasanya disebabkan asupan zat besi yang kurang saat sahur.

CARA MENGATASI NGANTUK SAAT PUASA

Untuk mengatasi dan meminimalisir rasa mengantuk di siang hari saat puasa Ramadhan, berikut ini empat hal yang bisa Anda coba lakukan saat makan sahur agar tidak mengantuk saat siang hari selama puasa:

  • Penuhi kebutuhan akan zat besi. Sumber zat besi bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan juga daun katuk.
  • Menjaga keseimbangan asupan gizi. Pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari mengonsumsi buah kiwi, jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, atau bisa juga dari nanas.
  • Perbanyak minum air putih. Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda buka puasa hingga sahur cukup untuk membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga tubuh tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Yang artinya, lebih lama menyimpan energi. Anda pun jadi tetap segar selalu sepanjang hari selama puasa.

Demikianlah artikel kenapa sering ngantuk ketika puasa dan cara mengatasinya, Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *