Kisah Atlit Pesepak Bola Timnas “Diego Michiels” Masuk Islam (Lengkap)

Diego Michiels Masuk Islam di Ruang Sidang

Diego Michiels resmi mengucapkan dua kalimat syahadat di ruang sidang Purwoto S Ganda Subrata, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Diego resmi memeluk Islam sekitar pukul 16.00 WIB, saat menunggu jalannya sidang kasus penganiayaan yang menempatkannya sebagai tersangka.

“Dua menit yang lalu dia mengucapkan dua kalimat syahadat,” ujar pengacara Diego, Kapita Ampera, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pengucapan dua kalimat syahadat pemuda 22 tahun itu disaksikan Kapitra Ampera sekaligus kuasa hukumnya.

Kapitra Ampera mengungkapkan, Diego sudah mempelajari Islam sejak berada di Belanda. Sejak itu, ia tertarik dan ingin menjadi Muslim.
Ditanya mengapa Diego memilih ruang sidang untuk mengucapkan dua kalimat syahadat, Kapita mengatakan bahwa Diego tidak ingin menunda keinginannya tersebut.
“Karena Islam itu tidak mengenal tempat dan tidak ditunda-ditunda, sekitar 10 menit lalu dia mengucapkan dua kalimat syahadat,” ujar Kapitra saat menggelar jumpa pers di PN Pusat.

Sejumlah kuasa hukum, yakni Riandi Rusman, Vidi Galenso, dan Elza Syarief menjadi saksi kekasih Nikita Willy itu mengucapkan dua kalimat syahadat.

Masuk Islam, Diego Didukung Orang Tua

Keputusan Diego Michiels memeluk agama Islam mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. Diego mengaku mengutarakan keinginannya itu sekitar sebulan lalu.

“Saya sudah berbicara pada orang tua sekitar sebulan lalu, dan mereka mengizinkan,” kata Diego di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Ia mengatakan, ajaran Islam sudah lama ia kenal semenjak dirinya masih berstatus warga negara Belanda.

“Sebelum saya ke Indonesia saya sering bermain bersama teman saya yang Islam, lalu saya mulai mempelajari buku dan akhirnya saya sekarang memutuskan masuk Islam,” ucap Diego yang mengenakan peci warna putih.

Diego pun mengaku bahagia bisa mewujudkan keinginannya itu.

“Saya senang sekarang,” ujarnya sambil tersenyum bahagia.

Masuk Islam, Diego Ganti Nama Jadi Diego Muhammad

Resmi memeluk Islam, Diego pun langsung mengganti namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

Diego Masuk Islam untuk Nikahi Nikita Willy?

Tersiar kabar, keputusan Diego masuk Islam demi memuluskan jalannya menikahi sang kekasih, Nikita Willy. Benarkah demikian?

Ditanya tentang hal ini, pengacara Diego, Kapita Ampera membantahnya. Dikatakannya, Diego sudah lama ingin menjadi seorang muslim, jadi bukan karena nikita willy diego masuk-islam.

“Diego sudah banyak memiliki referensi tentang Islam. Dia sudah mempelajari Islam sejak di Belanda,” ujar Kapita Ampera, Kamis (7/2).

Masuk Islam, Diego Michiels Merasa Lebih Sabar

Banyak perubahan mendasar yang dirasakan pesepakbola Diego Michiels setelah menjadi seorang muslim. Diego merasa lebih bisa menahan emosi dan “legowo”. “Saya jadi lebih sabar, nggak stres, nggak khawatir lagi. Saya melakukan yang terbaik aja,” kata dia kepada Tempo, Kamis, 14 Februari 2013.

Diego mengatakan sempat marah dan stres saat ditetapkan jadi tersangka kasus pemukulan dan penganiayaan pada awal bulan November 2012 lalu. Karena, ia merasa tidak bersalah dan menganggap perkelahian di sebuah club malam di kawasan Senayan itu adalah perkelahian biasa antara anak-anak muda.

Keadaan semakin parah ketika akhirnya Diego ditahan dan harus menjalani persidangan. “Pertama tama saya sempat stres, saya marah pada siapa pun. Tapi sekarang saya sudah tenang, tidak khawatir lagi dan saya siap dengan hukuman berapa pun,” ujarnya kalem.

Yang pasti, kata Diego, ia masih harus banyak belajar tentang agama Islam. Karena itu Diego melahap banyak buku tentang Islam selama ditahan di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.

Untungnya, pria kelahiran Belanda itu juga banyak dibantu teman-temannya di dalam penjara. Mereka yang antusias dengan Diego tak segan mengajari pemain belakang Tim Nasional Indonesia itu cara melaksanakan sholat yang benar. “Banyak yang membantu saya. Mereka juga kadang mengajak saya sholat di Masjid,” kata Diego.

Karena baru seminggu menjadi mualaf, kekasih artis Nikita Willy ini mengakui jika sholatnya masih bolong-bolong. “Jujur, saya baru bisa tiga kali sehari. Pukul 5 pagi, 12 siang, dan pukul 6 sore,” kata pria berusia 22 tahun ini tersenyum.
Sejak masuk Islam, Diego Michiels, terlihat begitu intens belajar tentang Islam. Namun Diego sampai saat ini belum berencana untuk umroh bareng dengan kekasihnya, Nikita Willy.

“Nanti kita lihat. Kalau ke sana mau dengan yang lebih dari sekarang. Kalau saat ini jalanin aja dulu. Salat yang rajin,” kata Diego Michiels saat ditemui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (4/3).

Diego mengaku belajar Islam melalui buku-buku. Waktu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Jakarta Pusat, Diego juga sempat belajar dari temannya yang berasal dari Pakistan.

Pemain yang kembali dipanggil masuk Timnas Indonesia mengaku agak kesulitan belajar Islam. Sebab muslim yang ia temui untuk menimba ilmu tidak semua tahu tentang Islam. “Jadi saya harus belajar banyak kepada orang-orang yang mengerti,” ungkapnya.

Hasrat belajar Islam datang dari dalam hatinya sendiri, bukan atas paksaan kekasihnya Nikita Willy. “Saya melakukannya sendiri. Keinginan itu datang dari hati sendiri, kalau ada yang nyuruh nanti jadinya terpaksa. Jadi dari diri sendiri aja,” ungkapnya.

Sumber : republika | kompas | tempo | jpnn

Pencarian Terkait
mengajak nikah dalam bahasa arab |

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...