Mencari dan Menentukan Lailatul Qadar, Inilah !

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat di cari bagi orang-orang yang beriman, dimana apabila di malam itu seseorang mengerjakan amal ibadah maka amal ibadah tersebut lebih baik daripada ibadah selama seribu bulan atau selama 84 tahun (belum tentu loh umur kita mencapai 84 tahun), oleh karena keagungan dan keistimewaan itulah maka Malam lailatul qadar hanya ada setahun sekali, waktunya pun terbatas dan tidak di ketahui dan menjadi misteri ! malam lailatul qodar terjadi di bulan ramadhan tepatnya 10 terakhir di malam bulan ramadan.

tanggal lailatul qadar

Meskipun malam lailatul qadar hanya Allah yang mengetahui, akan tetapi ada tanda-tanda untuk mengetahuinya, menurut imam Al-Ghazali, sang Hujjatul Islam dalam kitab fenomenal Ihya Ulumudin menuliskan bab khusus terkait kapan jatuhnya malam laailatul qadar.

Setidaknya ada lima hal yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kapan datangnya malam lailatul qadar.

  • Pertama, jika hari pertama Ramadhan jatuh pada malam Ahad atau Rabu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 29 Ramadhan.
  • Kedua, jika malam pertama jatuh pada malam Senin, maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 Ramadhan.
  • Ketiga, jika malam pertama Ramadhan jatuh pada malam Kamis, maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 Ramadhan.
  • Keempat, jika malam Ramadhan jatuh pada malam Sabtu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 23 Ramadhan.
  • Terakhir, jika malam pertama Ramadhan jatuh pada malam Selasa atau Jumat, maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 Ramadhan.

Untuk menghitung kapan Malam Lailatul Qodar 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa, Maka silahkan kalian hitung menggunakan cara diatas ! walaupun tidak ada kepastian mengenai kapan malam lailatul qadar jatuh pada tanggal berapa. Namun, cara dari Imam Ghozali tersebut teruji dari kebiasaan para tokoh ulama yang menemui malam Lailatul Qadar seperti yang diceritakan oleh Imam Al-Ghazali diatas.

Imam Ghazali dikenal di dunia Islam sebagai “hujjatul Islam” Hujjah Al-Islam artinya pembela Islam. Istilah Hujjatul Islam di kalangan ulama Islam diberikan kepada ulama yang berjasa mempertahankan prinsip-prinsip kebenaran Islam dengan argumen yang sulit dipatahkan oleh lawan.

Bagaimana, jangan sia-siakan malam lailatul qadar di bulan ramadan tahun ini, karena belum tentu kita akan menjumpai ramadan tahun depan

Pencarian Terkait
13 istri istri rasulullah dan sifatnya |
loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *