Lebih Dahulu Mana, Manusia Purba atau Nabi Adam ? (Lengkap)

Lebih Dulu Nabi Adam atau Manusia Purba (Bagian 1)

PERTANYAAN :
Langsung aja pak uztadz. Sebetulnya pertanyaan ini sudah lama sekali ada di dalam benak saya. Pertanyaan ini muncul pada saat saya duduk di bangku SMP dan mulai mengenal pelajaran tentang Manusia Purba dan Kehidupan Dinosaurus atau yang lebih kita kenal dengan zaman Prasejarah.

Seperti yang kita ketahui, Nabi Adam adalah manusia pertama kali yang Allah SWT ciptakan dan turunkan ke Bumi ini. Padahal kita tahu, bahwa ada kehidupan Prasejarah, di mana di sana hidup manusia-manusia purba yang menurut teori adalah nenek moyang manusia atau manusia yang ber-evolusi.

manusa purba vs nabi adam pics
Analisa saya:
1. ) Apabila Nabi Adam yang duluan diturunkan ke bumi ini, berarti masa-masa Kenabian Islam berbarengan dengan zaman Dinosaurus dan Manusia Purba? Hanya saja terdapat perbedaan tempat saja. Dan berarti Manusia Purba bukanlah Nenek Moyang Manusia, karena memang sudah ada Nabi Adam. Dan jika hal ini benar, maka teori dan pelajaran yang ada pada kurikulum IPA adalah salah. Karena ternyata nenek moyang manusia bukanlah Manusia Purba, melainkan Nabi Adam, karena pada kenyataannya manusia tidak pernah berevolusi.
2. ) Tapi, apabila Manusia Purba yang duluan, berarti Nabi Adam bukanlah makhluk yang pertama kali diciptakan Allah. Dan makhluk apakah Manusia Purba itu?

JAWABAN:
Tanpa harus mengkonfrontir teori manusia purba dengan Al-Quran, sebenarnya ilmu pengetahuan terbaru sudah mematahkannya. Beberapa temuan terakhir justru menunjukkan bahwa teori tentang manusia purba semakin jelas kebohongannya. Bukti-bukti ilmiyah yang dahulu sering diajukan oleh kalangan evolusionis, satu per satu kini terbantahkan. Semakin hari semakin terkuak fakta bahwa teori manusia purba adalah sebuah kebohongan besar.

Selama ini kita memang dicekoki teori manusia purba dalam kurikulum pendidikan. Para evolusionis telah merekayasa skema khayalan dengan sangat fantastis. Bahkan seringkali dilengkapi dengan ilustrasi yang nampak sangat realistis. Konyolnya, semua itu masuk ke dalam kurikulum pendidikan di seluruh dunia, termasuk di dunia Islam.

Mereka memasukkan Australopithecus, ras kera yang telah punah sebagai ras ‘nenek moyang manusia’. Padahal ada jurang besar dan tak berhubungan antara kera dan manusia.

Adapun ras manusia primitif menurut mereka, sebenarnya hanya variasi dari ras manusia modern, namun dibesar-besarkan sebagai spicies yang berbeda. Faktanya, tidak ada urutan kronologis seperti itu. Banyak yang hidup pada priode yang sama yang berarti tidak ada evolusi, bahkan ada yang lebih tua dari jenis yang diklaim sebagai nenek moyangnya.

Tatkala para evolusionis tak juga menemukan satu fosilpun yang bisa mendukung teori mereka, terpaksa mereka melakukan kebohongan. Contoh yang paling terkenal adalah manusia Piltdown yang dibuat dengan memasangkan tulang rahang orang utan pada tengkorak manusia. Fosil ini telah membohongi dunia ilmu pengetahuan selama 40 tahun.

Kisahnya pada tahun 1912 seorang ahli palaentologi amatir bernama Charles Dawson mengklaim bahwa dia telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun.

Rekonstruksi terhadap manusia Piltdown dilakukan dan setelah dipajang di berbagai mueium sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiyah tentang manusia piltdown ini, termasuk 500 tesis doktor tentangnya.

Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potasium dokromat agar tampak kuno.

Kalau kita menyodorkan ayat Allah SWT di dalam Al-Quran Al-Karim dan hadits Rasulullah SAW tentang manusia pertama, besar kemungkinan para hamba sahaya teori evolusi akan menentangnya. Mereka akan mencari alibi dan dalih untuk membuat penafsiran ‘lain’ alias menentang kebenaran yang ada di dalamnya.

Berapa banyak dari umat Islam yang masih saja percaya bahwa ada manusia sebelum nabi Adam. Fanatisme buta kepada teori evolusi telah membuat mereka menentang apa yang telah Allah SWT sampaikan dalam kitab suci.

Jadi jawaban yang benar adalah bahwa manusia purba tidak pernah ada, sebab teori evolusi juga tidak pernah terbukti. Ada sejuta kejanggalan yang memaksa teori evolusi termasuk teori manusia purba harus dihapus dari kurikulum pendidikan sekolah.

Adam alaihissalam adalah makhluk cerdas pertama di muka bumi. Dengan kedatangan beliau, maka untuk pertama kalinya bumi didatangi oleh makhluk cerdas dari luar angkasa (alien). Kecerdasan manusia sungguh merupakan loncatan besar dalam sejarah bumi, yang sebelumnya hanya dihuni oleh makhluk-makhluk kelas bawah berupa hewan dan tumbuhan. Tidak pernah ada makhluk asli bumi yang mengalami proses evolusi, kecuali hanya ada di film-film Holywood saja.

Lebih Dulu Manusia Purba atau Nabi Adam (Bagian 2)

Pertanyaan sederhana dan simple, tetapi tidak bisa semua orang mampu menjawabnya. Hal ini menjadikan semacam Polemik untuk menjawab keberadaan Adam dan Manusia Purba. Banyak pelajar yang menanyakan dalam hati mereka seperti ini “… lebih dulu Nabi Adam atau Manusia Purba?”. Pertanyaan ini seperti pertanyaan “Ayam dan telur duluan mana?”.

Manusia purba sudah ada sejak 1-2 juta tahun yang lalu, begitu pun dengan kehidupan para dinausourus (masa Jurasic). Sementara itu, Nabi Adam ditiupkan ruhnya sebelum 8000 tahun yang lalu. Dengan kata lain, secara eksplisit menunjukkan bahwa Nabi Adam dan Manusia Purba lebih dulu tercipta manusia purba.

Diterangkan dalam Alquran bahwa Nabi Adam adalah manusia yang diturunkan Allah ke bumi bersama Siti Hawa. Inti wahyu ini menegaskan bahwa manusia yang berakal hanyalah manusia. Nabi Adam sebagai khalifah pertama. Di dalam Alquran juga digambarkan wajah Nabi Adam syarat dengan kesempurnaan, sedangkan manusia purba seperti monyet.

Kemudian muncul pemikiran lain polemik mengenai eksistensi lebih dulu mana di antara keduanya. Muncul argumen, hal yang tidak mungkin dan mustahil jika keturunan monyet menjelma menjadi berparas tampan. Banyak spekulasi yang berkembang, beberapa media ada yang menyebutkan, lebih dulu Nabi Adam. Barulah timbullah manusia purba. Ternyata kenyataan ini masih ditentang keras dengan landasan tahun di atas.

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi’. Mereka berkata, ‘Mengapa engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padannya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?’ Tuhan berfirman, ‘Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’”. (Q.S. Al-Baqarah ayat 30).

Berdasarkan ayat tersebut, malaikat sempat bertanya kepada Allah mengapa Allah swt. ingin menciptakan manusia yang akan membuat kerusakan pada kehidupan dirinya dan saling membunuh. Pertanyaan malaikat ini hampir sama dengan gambaran kehidupan manusia purba. Di mana kehidupan manusia purba saling menyakiti, merusak bahkan saling membunuh.

Bukan tanpa alasan, manusia purba bertindak demikian karena tidak mempunyai nalar dan akal. Kalaupun ada, itu hanya sedikit. Tidak seperti manusia sekarang. Nabi Adam dan Manusia lebih awal Manusia Purba. Bukan berarti Nabi Adam keturunan Manusia Purba.

Kembali mengingat hukum Alam. Anda mengenal cerita musnahnya Kaum Soddom, dan musnahnya Dinosaurus? Mungkin seperti itulah cara Allah memusnahkan manusia purba sebelum diganti khalifah yang beradab dan berakal.

“Mengapa kamu kafir kepada Allah? Padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihipkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”. (Q.S. Al-Baqarah ayat 28).

Seperti itulah Allah swt. memiliki kekuasaan. Mudah bagi Allah swt. menjadikan sesuatu yang sulit menjadi mudah. Manusia Musnah, dan kemudian muncullah Khalifah Nabi Adam membawa kebenaran.

KESIMPULAN

Jadi Mana Yang Benar ? Nabi Adam Dulu atau Manusia Purba Dulu ?
Aku juga bingung nie mana yang bener, piki-pikir aja sendiri ya! nih ada kesimpulan mengenai duluan mana Nabi Adam atau Manusia Purba yang kami kutip dari sebuah situs :

Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah suatu makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus). Harusnya sih disebut sebagai ‘makhluk’ yang menyerupai manusia yang berjalan tegak ya? :)

Bagaimana menurut pendapat anda, silahkan berkomentar ?

Sumber :
eramuslim.com/umum/mana-yang-lebih-dulu-nabi-adam-a-s-atau-manusia-purba.htm#.UV-d_zeEXUc
anneahira.com/jenis-jenis-manusia-purba-25896.htm
alaikaabdullah.com/2012/05/manusia-pertama-manusia-purba-atau-nabi.html

Kata kunci Pencarian:

arti tanggal lahir menurut alquran |zaman purba |wajah nabi adam dan hawa |sejarah manusia purba menurut islam |manusia purba menurut islam |download alquran arab latin dan terjemahan |dinosaurus menurut islam |zaman purba menurut islam |wajah nabi adam |Zaman purbakala |

Sponsor

loading...
Comments
  1. joko
    • her
      • kriss
    • udin
    • asrofi
    • army
      • Radikdab
  2. samsul hadi
    • Agan
      • nanang
        • aku
        • Mr kodok
          • Hamba allah
          • ardi
        • her
        • oke
      • mohamad agong santoso
      • fajar
        • fajar
          • kriss
      • her
    • TRIAN
  3. Mohamad Irham
    • rohmat bayu
      • deni
      • eris
    • hsby
      • Luqman
      • wawwn
        • ephoe
        • Abu Ahmad
    • sabariman
    • muh ishaq
    • idil
    • Joko harry purnomo
  4. wawan herdinarko
    • manto
    • ahmad
    • kriss
  5. sumarlatotasedan@yahoo.com
    • Fajry SR
    • miftakhul
    • valzd
      • ami
  6. sumarlatotasedan@yahoo.com
  7. sumarlatotasedan@yahoo.com
  8. sumarlatotasedan@yahoo.com
  9. sumarlatotasedan@yahoo.com
  10. dindin
    • SRRB
  11. Gun@one
  12. ummu hanun
    • sangkan paraning dumadi
      • Me H
      • agus
  13. Billi Bally
    • Noer aini az-zahra
  14. satrio
    • Pauline Kapoh
  15. anink
  16. Fadholi
  17. dd
  18. sangkan paraning dumadi
  19. heriansyah
  20. sulaemandiki
  21. Muhammad Raafi
  22. Muhammad Raafi
  23. husam
    • manto
  24. adam
  25. suci
  26. Yuu
    • sadam
  27. Fathur Rohman Muddassir
    • Noname
  28. bayu krishna
  29. Faridz nisfer
  30. FATCHU ROCHMAN
  31. FATCHU ROCHMAN
  32. hery kristiono
  33. Brojolince...
  34. sobikh
    • Muhammad Al-Faruq
  35. PUTRI
  36. jatus
    • rizqiana
      • rizqiana
        • rizqiana
          • nazir
      • aidil
        • yudha
  37. iwan
    • rizqiana
  38. jubrik
    • kierasun
  39. PutraMuslim
  40. rahmad
  41. alivia
  42. hamba Allah
  43. hamba Allah
  44. hamba Allah
  45. aji dharma
  46. rizqiana
  47. hamba Allah
    • Muhammad Al-Faruq
  48. hamba arrahman
  49. joey
  50. hamba Allah
  51. hamba Allah
  52. hamba Allah
  53. yosie
  54. rachmat
  55. yudha
  56. wistari
    • Indra Sukma Wirahma
  57. metodesas
  58. hamba allah
  59. mr.bean
  60. jaquel
  61. harry subagja
  62. dwi cahyono
    • kang joem
  63. winong
  64. ana
  65. no name
  66. diyon.elvian@yahoo.com
  67. nanang
  68. bocah awam
  69. mas prie
  70. onen
  71. dewrev
  72. roland
    • Bedelau
  73. Bedelau
  74. jajiboge
  75. banpol
  76. darmin
  77. thanoti
  78. nabani
  79. agus riyanto
  80. hadian
  81. ria giska sari
  82. Nuyuy Adhe
  83. fachri
  84. ardy
  85. MomoN
  86. ags candra
  87. Indro
  88. sayyid
  89. Indro
  90. muhammad hafiz alfatory
  91. Juwarno
  92. Logos
  93. dila sundari
  94. yandi rasit
  95. jimiroy27
  96. jibril
  97. jibril
    • Ne'mah
  98. bagus
  99. Dencitro
  100. achien
  101. oki hermawan
  102. imamaulia10@gmail.com
  103. dani
  104. bang jali
    • Allam
      • picala bata
        • Rizky ananta
    • picala bata
    • deni
    • H.A.
    • Lu Ngomong Apa Ngemeng
    • Nurul Fadhilah
  105. edi.laswardi
    • han
      • picala bata
  106. dk
  107. uyek bopoe sirin
  108. picala bata
    • H.A.
      • Achashi Acha
        • Tedi akimichi
  109. Jimi Roy
  110. Maulana ardi yansyah
  111. JO
  112. umar
    • H.A.
  113. januz
  114. rambat muchawal
  115. suluh
  116. Suwito
  117. nahrowi
  118. yudiz tira sy
  119. Hafidz
  120. hu
  121. nofan dwi dhifan
    • Lu Ngomong Apa Ngemeng
  122. jajang ks
  123. mary
    • ikiluky
  124. fied
    • Mas Afif
      • Rangga
  125. m ilham naufal
  126. ahnmad
  127. Den paijo
  128. ahmed m.a
    • udien
  129. Mas Afif
    • Achashi Acha
    • valzd
  130. syarif
  131. farid
  132. syarif
  133. Lu Ngomong Apa Ngemeng
  134. Fai
  135. hadestian
  136. hanum
  137. rezza zza
    • udien
  138. Ve
  139. Cow
  140. jawaban paling bener
  141. dody
  142. fabi
  143. roby
  144. marwan
  145. Amrul
  146. ludi
  147. panji antahbrantah
  148. Budi Santoso
    • Bambangedi Mulyanto
  149. Kag Oi
  150. asri
    • pendidikan islam
  151. Giant Death Robot
    • dias
    • sabina jasmine nadindra
      • Iponk
      • m.iqbal arrafi
    • Little A
      • imel_kawai
    • alfer
    • Aqidah Lurus
    • abidin
  152. Kholiq
  153. Achmad Khoirun
    • jul
  154. Achmad Khoirun
  155. ARIF
    • ARIF
    • alis
    • toing
  156. alis
    • .:Mrs.Simple:.
  157. Jaenal Abidin (Ahlus Sunnah Wal Jama'ah)
  158. muhsin
    • sabina jasmine nadindra
      • sity
    • jul
  159. Achashi Acha
  160. Muridinblur
  161. Soerat.NW
    • jul
  162. hartoko
    • seno
    • jhon
    • Narta
  163. cas
  164. m fajar sidiq
  165. Muhammad paisal
  166. Jihad R
    • dxa
  167. absmie
  168. imade lebih
  169. imade lebih
  170. wal taufik
  171. m.iqbal arrafi
  172. wasul sebelas march
  173. ichukato
  174. santo
  175. ibor
  176. Ahmed zidane
  177. Ahmed zidane
  178. ady
    • Anggiex
  179. abidin
  180. adjie
    • siti
  181. alfatih
  182. hekal
  183. Rengga Saputra
  184. zidan
  185. Anggiex
  186. Deni Hasan
  187. Hamba Allah
  188. syamsul
  189. you
  190. karwan
  191. arbas
  192. arbas
  193. nunung
  194. abdul wahid
  195. alex kapun
    • Narta
  196. getun
    • Narta
  197. Al Kajuri
  198. izzei
  199. adrian
  200. qifhan
  201. singgh
    • TEJO
      • Bintang Fitriawan
  202. menkxz
  203. kautsar
  204. Sholehah
  205. kamo
  206. nda
    • Rik
      • qoesisebutireboe
  207. Amku
  208. Y. Assawittui
  209. gilang samanda
  210. pasa eddy suwarsa
  211. Devi ajja
  212. Najemiandi
  213. Arcmons
    • Muqtafafaiz
    • Rik
  214. Muqtafafaiz
  215. @arsofwan
  216. Rahmad Serambi Meukah
  217. hexa
  218. Raden Nirwana
  219. al amin
  220. khemal
  221. Nandhovailladies.'t
  222. Mafaz
  223. Dodi haryadi
    • m7khlis
  224. saudin
  225. Deden
    • Jero
  226. oesman
  227. novi
  228. sayyid
  229. Hand
  230. ade rusmana
  231. Abi
  232. aisyah89
  233. praz asf
  234. gia andru
  235. Hendra
  236. izal
  237. Rakhmat Hidayat
  238. Inisal X
  239. Bambang S Budiarto
    • sny
  240. Jims
    • Pendidikan Islam
  241. ikin
  242. TURUNAN NABI ADAM
  243. ahmad faradiansyah
  244. ilham
    • Agung
      • Ihsan
  245. darmo
  246. Ahmad Harir (K_will)
  247. ANurwahidR
  248. EKA
    • ahmad faradiansyah
    • valzd
  249. haryo
    • imammaulana
  250. Tong tong
  251. Sabrina
  252. Safaldin
  253. myn
  254. siti marwiyah
  255. Maspul
  256. loveislam
  257. valzd
  258. #Goblok
  259. ayadinur00
  260. ayadinur00
  261. ayadinur00
  262. si hidung belesek
  263. udin
  264. Ajay
  265. riska
  266. ami
  267. fhajar al sshoddiq
  268. Vicky
  269. Name...
  270. muchsin
  271. Dhodik
  272. rhadamanthyst
  273. ghoest
  274. HAMBA ALLAH
  275. martabat 7
  276. Furqaan Makassar jii
  277. panji andika
  278. ardi

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *