Nasihat Untuk Semua Umat Islam Berkaitan Dengan Bulan Ramadhan

Berkenaan dengan bulan ramadhan, Ada pengetahuan sekaligus nasihat yang layak untuk kita sebarkan bagi seluruh umat islam, berikut ini adalah beberapa diantaranya :
ramadhan kareem

  • Sesungguhnya bulan Ramadan adalah bulan ghanimah dan penuh keberuntungan. Pedagang yang cerdas akan memanfaatkan kesempatan yang baik untuk menambah keuntungannya. Maka gunakanlah kesempatan bulan ini dengan beribadah, memperbanyak shalat dan membaca Al-Qur’an, memaafkan orang dan berbuat baik kepada orang lain serta bersedekah kepada orang-orang fakir.
  • Bulan Ramadhan yaitu bulan dilipatgandakannya kebaikan, kemaksiatan menjadi sangat tercela, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup serta diterima taubat kepada Allah bagi orang berdosa dan berbuat salah. Maka manfaatkanlah waktu yang mulia dan musim bersemi pahala ini dengan semarak ibadah dan meninggalkan perbuatan yang dilarang, agar kalian beruntung  meraih kehidupan yang indah dan bahagia setelah meningggal dunia nanti.
  • Orang mukmin yang benar dengan keimanannya, semua bulan baginya adalah waktu untuk beribadah, dan seluruh umurnya adalah waktu melakukan ketaatan. Akan tetapi pada bulan Ramadan semangatnya berlipat ganda untuk melakukan kebaikan dan lebih bersemangat untuk melakukan ibadah, Tuhan kita dengan Kebaikan dan kedermawanan-Nya, melipatgandakan pahala di saat yang mulia ini kepada kaum beriman yang berpuasa, sebagai balasan atas amal shaleh mereka.
  • Seharusnya kita menyambut bulan Ramadan, dengan muhasabah (introspeksi), bertaubat dan memohon ampun. “Orang yang cerdas adalah orang yang mengakui begitu banyak dosanya, sehingga menundukkan jiwanya untuk berbadah dan beramal sholeh guna masa depannya nanti di akherat, sedangkan orang yang lemah adalah orang yang dirinya menuruti kemauan hawa nafsunya dan hanya berangan-angan kepada Allah.”
  • Diriwayatkan oleh Tirmzi, Ibnu Majah dan Ibnu Huzaimah, dalam sebuah riwayat:( إذا كان أول ليلة في شهر رمضان صُفِّدت الشياطين ومَرَدَة الجن ، وغلقت أبواب النار فلم يُفتح منها باب ، وفتحت أبواب الجنة فلم يغلق منها باب ، وينادي منادٍ : يا باغي الخير أقبل، ويا باغي الشر أقصر . ولله عُتقاء من النار وذلك كل ليلة ) . وحسنه الألباني في صحيح الجامع (759)“Ketika awal malam bulan Ramadan tiba, setan dan jin pembangkang dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintunya yang dibuka, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pun pintunya yang ditutup. (Kemudian) ada penyeru yang berseru: “Wahai pencari kebaikan datanglah! Wahai pencari keburukan, berhentilah! Dan Allah menetapkan (orang-orang yang) dibebeskan dari siksa neraka, dan hal itu (terjadi pada) setiap malam.” (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam shahih Al-Jami’, no. 759).

Itulah sekelumit pendidikan ramadhan yang mungkin ada manfaatnya bagi kita sebagai umat islam

Pencarian Terkait
tausyih muammar z a |ISTRI2 NABI |bacaan muroqi idul adha latin |ibu yang baik menurut Islam |

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...