Pembahasan Tentang Ghibah, Lengkap !

Apakah anda sering mendengar kata ghibah namun tidak mengerti artinya ? Apa itu Ghibah dan Bagaimana Tips Menghindarinya, Mari kita bahas di situs masuk-islam.com

A. PENGERTIAN GHIBAH

ghibahGhibah secara bahasa berarti menggunjing atau bahasa gaulnya NgeGossip
Sedangkan Pengertian Ghibah secara luas adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. Caranya-pun bermacam-macam, Di antaranya dengan membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok.
Ghibah adalah saudaranya Fitnah, Ghibah akan menjurus ke fitnah jika apa yang dituduhkan kepada orang lain ternyata salah

B. DALIL TENTANG LARANGAN BERGHIBAH

Ghibah adalah perbuatan yang keji dan kotor, banyak orang meremehkan masalah ghibah, padahal dalam pandangan Allah ia adalah sesuatu yang keji dan kotor.
Hal itu dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Artinya : Riba itu ada tujuh puluh dua pintu, yang paling ringan daripadanya sama dengan seorang laki-laki yang menyetubuhi ibunya (sendiri), dan riba yang paling berat adalah pergunjingan seorang laki-laki atas kehormatan saudaranya”. (As-Silsilah As-Shahihah,)

Wajib bagi orang yang hadir dalam majlis yang sedang menggunjing orang lain, untuk mencegah kemungkaran dan membela saudaranya yang dipergunjingkan.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam amat menganjurkan hal demikian, sebagaimana dalam sabdanya. “Artinya : Barangsiapa menolak (ghibah atas) kehormatan saudaranya, niscaya pada hari kiamat Allah akan menolak menghindarkan api Neraka dari wajahnya”. (HR Ahmad)

Kita semua cenderung mudah melakukan ghibah atau menggunjing. Apalagi wanita. Padahal larangan Allah SWT sudah jelas soal ghibah ini. “Janganlah sebagian kamu menggunjing (ghibah) sebagian yang lain, sukakah seorang diantaramu memakan saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”(QS. Al Hujurat, 049:012)

C. TIPS MENGHINDARI DAN MENCEGAH GHIBAH

  • Merenungkan cacat diri sendiri sehingga malu jika membicarakan orang lain
  • Bahwa orang lain merasa sakit karena ghibah yang dilakukannya, sebagaimana dia akan merasa sakit bila orang lain menggunjingnya
  • Kurangi nongkrong di tempat yang nikmat untuk bergosip
  • Setiap kali mendengar selentingan, cepatlah berkata kepada diri sendiri, apakah aku mendapat manfaat atau menyeritakan kembali hal ini kepada orang lain?
  • Pujilah diri sendiri setiap kali berhasil menahan untuk tidak bergosip tentang suatu hal yang baru Anda ketahui
  • Ghibah dapat memindahkan kebaikan-kebaikan kita kepada orang yang digunjing sebagai ganti dari kehormatan yang telah dinodainya. Jika tidak memiliki kebaikan yang bisa dialihkan, maka keburukan orang yang digunjing itu akan dialihkan kepada kita.
  • Ghibah dapat membatalkan kebaikan-kebaikan di hari kiamat
  • Ghibah dapat mendatangkan kemurkaan Allah

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *