Pengertian Ilmu Tajwid dan Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Di Publikasikan 08 Nov 2012 // Oleh pendidikan islam // Kategori Al-Quran //

Masuk-islam.com – Pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pendidikan Alquran) di madrasah, hal pertama kali yang diajarkan adalah ilmu tajwid :

A. Pengertian Ilmu Tajwid

ilmu tajwid ilustrasiTajwid menurut bahasa berasal dari kataجوّد-يجوّد-تجويدا yang berarti bagus atau membaguskan. Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’an maupun bukan.

Sedangkan menurut istilah, tajwid adalah membaguskan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid yang berlaku.

Imam Ali bin Tholib mengatakan bahwa Tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya dan memberikan hak setiap huruf (yaitu sifat yang melekat pada huruf tersebut seperti qolqolah, Hams, dll) dan mustahaq huruf (yaitu sifat-sifat huruf yang terjadi karena sebab-sebab tertentu, seperti izhar, idghom, dll.)

Adapun pengertian ilmu tajwid menurut istilah adalah ilmu yang membahas tata cara membaca Al-Qur’an.

Adapun masalah-masalah yang dikemukakan dalam ilmu ini adalah makharijul huruf (tempat keluar-masuk huruf), shifatul huruf (cara pengucapan huruf), ahkamul huruf (hubungan antar huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan), ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan) dan al-Khat al-Utsmani.

Inilah yang dimaksud dengan membaca al-Qur’an dengan tartil sebagaimana firman-Nya : و رتل القران ترتيلا (المزمّل : 4) yang artinya : “Bacalah al-Qur’an itu dengan tartil”. Sedangkan arti tartil menurut Ibn Katsir adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu akan membantu pemahaman serta perenungan terhadap al-Qur’an.
Ilmu Tajwid bertujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana cara pengucapan ayat yang tepat, sehingga lafal dan maknanya terpelihara.

Pengetahuan tentang makhraj huruf memberikan tuntunan bagaimana cara mengeluarkan huruf dari mulut dengan benar. Pengetahuan tentang sifat huruf berguna dalam pengucapan huruf. Dalam ahkamul maddi wal qashr berguna untuk mengetahui huruf yang harus dibaca panjang dan berapa harakat panjang bacaannya. Ahkamul waqaf wal ibtida’ ialah cara untuk mengetahui dimana harus berhenti dan dari mana dimulai apabila bacaan akan dilanjutkan.

B. Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Mempelajari tajwid sebagai suatu ilmu pengetahuan hukumnya Fardhu Kifayah yaitu jika sudah ada yang mempelajari istilah-istilah dan teori ilmu tajwid maka kewajiban itu gugur bagi yang lainnya. Adapun mempraktekan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an adalah Fardhu ‘Ain, yaitu kewajiban setiap umat Islam.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Muzammil ayat 4

ورتل القرآن ترتيلا

“Dan bacalah Al Qur’an dengan Tartil”

Menurut Ibnu Katsir Tartil artinya membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena itu akan membantu pemahaman dan tadabbur.

 

Ref : anshorimujahid.wordpress.com| khazanahtajwid.blogspot.com

Pengertian Ilmu Tajwid dan Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid pendidikan islam 08 Nov 2012. Pengertian Ilmu Tajwid dan Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Masuk-islam.com – Pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pendidikan Alquran) di madrasah, hal pertama kali yang diajarkan adalah ilmu tajwid : A. Pengertian Ilmu Tajwid Tajwid menurut bahasa berasal dari kataجوّد-يجوّد-تجويدا yang berarti bagus atau membaguskan. Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu [...]

4.9 pendidikan islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.