Pengertian Sejarah Islam

Di Publikasikan 12 Sep 2012 // Oleh pendidikan islam // Kategori Sejarah Islam //

gambar sejarah islammasuk-islam.com – Sejarah Islam adalah sejarah nabi Muhammad dan para pengikutnya. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir dan terbesar di antara para nabi. Beliau adalah manusia sempurna, pemilik segala keutamaan. Tugas Beliau pada dasarnya sama dengan para nabi sebelumnya seperti Adam, Ibrahim, Musa, dan Isa yaitu untuk menyampaikan tauhid (keesaan tuhan).

Sejarah Islam adalah sejarah agama Islam mulai turunnya wahyu pertama pada tahun 622 yang diturunkan kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira, Arab Saudi sampai dengan sekarang.

Selama 23 tahun semenjak berusia 40 tahun, Muhammad mendapat wahyu dari tuhan. Wahyu tersebut bernama al Qur’an, dihafalkan dan ditulis oleh para sahabatnya. Muhammad berdakwah kepada kaumnya di Makkah, mengajak mereka meninggalkan kesyirikan.

Sebenarnya Beliau tidak hanya menyampaikan dakwah tauhid saja. Apabila memperhatikan ayat-ayat yang turun di Madinah, Beliau juga sudah menyampaikan permasalahan ekonomi, sosial, politik, dan yang lainnya. Meski sebagian masuk Islam, Muhammad dan para pengikutnya dimusuhi bahkan disiksa oleh para pemimpin Quraisy.

Setelah 13 tahun berdakwah, Muhammad dan para pengikutnya melakukan hijrah (berpindah) ke kota Madinah (sebelumnya dikenal sebagai Yatsrib). Bersama kaum muslim Madinah (Anshar) dan kaum muslim Makkah (Muhajirin), Muhammad mendirikan negara Islam di madinah.

Pada saat itu, lahir piagam Madinah yang merupakan perjanjian antara umat Islam dengan suku suku lain, termasuk suku yahudi, d imadinah. Jumlah umat Islam di Madinah hanya sekitar sepertiganya dibanding total penduduknya.

Dalam waktu sekitar dua tahun setelah hijrah, kaum muslimin melakukan peperangan pertama melawan tentara Makkah pada perang Badar yang dimenangkan oleh kaum muslimin. Tahun berikutnya, terjadi perang Uhud yang berakhir tanpa jelas siapa pemenangnya.

Sekitar 4 tahun berikutnya, Muhammad melakukan Futuh (penaklukan) Makkah, tanpa terjadi pertumpahan darah sedikit pun. Sampai wafatnya, Beliau telah menguasai hampir seluruh semenanjung arabia.

Setelah nabi Muhammad wafat, Abu Bakar menjadi khalifah (pengganti) Rasulullah dalam bidang kenegaraan. Abu Bakar adalah sahabat terdekat dari nabi Muhammad. Beliau menjadi khalifah dengan nominasi dari Umar bin Khatab. Pada masa kepemimpinannya, Abu Bakar disibukkan dengan perang “riddah” memerangi para pemberontak.

Setelah Meninggalnya, Umar bin Khatab menjadi khalifah berikutnya. Disusul kemudian oleh Utsman bin Affan, lalu Ali bin Abi Thalib. Keempat orang ini disebut sebagai Khulafaur Rasyidin (khalifah yang mendapat petunjuk). Di bawah kepemimpinan mereka, kekuasaan kaum muslimin meluas sampai ke wilayah Persia dan Bizantium.

Sesudah kepemimpinan mereka, kekhalifahan Islam mulai menjadi dinasti-dinasti, seprti dinasti Umayyah, Abbasiyah, dan Utsmaniyah. Kekhilafahan terus mengembangkan kekuasaannya sampai menguasai hampir dua pertiga daratan dunia. Kekhalifahan terus eksis hingga khalifahan terakhir di Turki diruntuhkan pada 1924.

Kata kunci : pengertian sejarah islam | Sejarah islam | cerita nabi muhammad beserta gambarnya | gambar sejarah | hukum gambar khalafaurrosyodin | MUSA masa kepemimpinannya | sejarah dakwah islam beserta gambarnya |
Pengertian Sejarah Islam pendidikan islam 12 Sep 2012. Pengertian Sejarah Islam

masuk-islam.com – Sejarah Islam adalah sejarah nabi Muhammad dan para pengikutnya. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir dan terbesar di antara para nabi. Beliau adalah manusia sempurna, pemilik segala keutamaan. Tugas Beliau pada dasarnya sama dengan para nabi sebelumnya seperti Adam, Ibrahim, Musa, dan Isa yaitu untuk menyampaikan tauhid (keesaan tuhan). Sejarah Islam adalah sejarah agama [...]

4.9 pendidikan islam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.