TANYA JAWAB : AIR LIUR (AIR LUDAH) ITU NAJIS ATAU TIDAK ?

Mungkin dalam benak hati anda suka bertanya-tanya, apakah najis air liur atau air ludah itu
Pertanyaan: Apakah hukum air liur itu, Air Liur itu Najis atau Tidak ? Apa hukum air liur yang keluar dari seseorang saat ia tidur?

air liur bayi najis atau tidak

Air liur bayi

Jawaban.
hukum Air liur atau air ludah tidaklah najis, Air liur yang keluar dari seseorang saat ia tidur itu suci, bukan najis, karena hukum asal dari semua yang keluar dari badan  manusia itu suci, kecuali kalau ada dalil yang menunjukkan kenajisannya.

Jadi, air liur, keringat dan tetesan air mata, serta yang keluar dari hidungnya; semuanya suci. Karena ini hukum asalnya. Sedangkan air kencing dan kotorannya serta segala yang keluar dari dua jalur adalah najis.

Air liur yang keluar dari seseorang ketika tidur termasuk yang suci, seperti halnya riak, dahak dan semacamnya. Oleh karena itu, tidak wajib bagi seseorang untuk mencucinya, dan tidak pula mencuci pakaian dan apa yang terkena air liur. [Al-Muntaqâ Min Fatâwâ Fadhilat Asy-Syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan hal 541]

Itulah jawaban singkat mengenai hukum air liur atau air ludah, dahak dan sejenisnya, dan yang perlu kita ketahui adalah bahwa yang najis itu sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur

Ref: HR. Al-Bukhâri Kitâbul Ghusl, no. 281; Muslim Kitab Haid, no. 371; At-Turmudzi Kitab Thahârah, no. 121; Nasa’i Kitab Thahârah, no. 269; Abu Daud Kitab Thahârah, no. 231; Ibnu Majah kitab Thahârah wa Sunanuhâ, no. 534; Ahmad 2/235.

Pencarian Terkait
pertanyaan tentang ji\alah |hukum air liur bayi |hukum islam air liur balita |

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...