UNIK ! Cara Mengecek Al-Quran di Rumah Sendiri dan Orang Lain

Kali ini saya akan menulis artikel yang saya dapat dari ceramah ustadz yusuf mansyur, namun saya artikan sendiri berdasarkan pengetahuan yang saya tangkap, karena ustadz yusuf mansyur tidak menjelaskan detail maksudnya waktu itu mungkin karena durasi di televisi atau mungkin saya tidak mengikuti acara tersebut dari awal karena waktu itu saya hanya kebetulan menontonnya.

Gambar : Al-Quran Pelangi

Perlu diketahui bahwa yusuf mansyur adalah Ustad yang mempelopori pendidikan menghafal alquran ke seluruh pelosok indonesia, banyak sekali cabang yayasan pendidikan alquran yang di naungi oleh ustadz yusuf mansyur ini. bahkan sampai imam masjidil haram saja ingin mengetahui sosok ustadz yusuf mansyur ini, tak lain adalah karena kagum akan kegigihan niat ustadz yusuf mansyur untuk melahirkan penghafal-penghafal quran di seluruh pelosok tanah air dan hasilnya pun tidak sia-sia.
Langsung saja, bagaimana cara mengecek al-quran di rumah sendiri ala yusuf mansyur, namun saya artikan sendiri :

  1. Jika di rumah anda ada tiga orang, Periksa ada berapa quran yang ada ! Jika cuma ada satu quran maka belikan dua quran lagi!
    gambar quran baru

    Gambar 1 : Al-Quran Baru

    Maksud dari penjelasan diatas adalah bahwa tiap-tiap orang harus mempunyai al-qurannya masing-masing, jika dalam satu keluarga ada tiga orang maka harus disediakan tiga alquran, hal ini supaya tidak ada antrian ketika semuanya ingin membaca quran di waktu yang sama, dan jika mengaji bersama, maka masing-masing dapat menyimak dan membenarkan jika ada yang salah

  2. Jika masing-masing orang sudah mempunyai quran, lalu apa lagi ? periksa apakah al-qurannya kecil atau besar, jika qurannya kecil maka beli juga yang besar, dan jika qurannya besar maka beli juga yang kecil.
    gambar quran besar dan quran kecil

    Gambar 2 : Quran Ukuran Besar dan Quran Ukuran Kecil

    Maksud dari penjelasan diatas adalah quran yang besar untuk dibaca di rumah sedangkan quran yang kecil untuk di bawa berpergian sambil sekalian menghafalnya.

  3. Jika sudah punya alquran masing-masing yang kecil dan besar, lalu apa lagi ? beli juga al-quran yang ada terjemahnya (tafsir).
    gambar al-quran terjemah

    Gambar 3 : Al-Quran dengan Terjemahnya

    Maksudnya di sini adalah disamping kita bisa membaca alquran dan hafal, kita harus tahu artinya supaya dapat kita terapkan dalam kehidupan sendiri, dengan mengetahui artinya juga akan memperkuat ingatan dalam hafalan quran.

  4. Jika sudah punya al-quran yang besar, kecil, quran terjemah, lalu apa lagi ? beli juga alquran yang ada tajwidnya!
    gambar quran tajwid

    Gambar 4 : Al-Quran Tajwid

    Tajwid adalah tata cara membaca alquran (mengetahui seberapa panjang pendeknya bacaan, dan bunyi bacaannya) adalah sama pentingnya, seseorang akan merasa damai dan tersentuh hatinya ketika mendengarkan bacaan quran yang dibacakan dengan tartil.
    Sekarang banyak sekali quran dijual yang ada makhrojnya, biasanya di tandai dengan warna-warni hurufnya (lihat gambar 4)

Setelah mengecek quran di rumah sendiri sudah terpenuhi dan beres, Sekarang giliran cara mengecek alquran di rumah orang lain, bagaimanakah tipsnya, simak di bawah ini :

  • Jika dirumah orang lain sudah ada alquran, periksa apakah al-qurannya sudah lecek dan lusuh (jelek dan rusak), Jika sudah jelek, maka belikan yang baru dan bagus.
    gambar quran rusak

    Gambar 5 : Quran Sobek dan Rusak

    Maksud dari penjelasan diatas adalah dengan memberikan alquran yang baru maka akan dapat menambah semangat seseorang dalam membaca al-quran, siapapun pasti suka dengan yang baru bukan ? sekarang ada al-quran pelangi (lihat gambar paling atas), quran model tersebut sangat tidak melelahkan mata jika dibaca dan juga menyenangkan

  • Selanjutnya sama dengan cara mengecek al-quran di rumah!

Sekian pelajaran yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan mohon maaf kalau ada yang kurang atau kesalahan, andapun dapat menambahkannya jika masih kurang lengkap! silahkan berikan di kolom komentar!
Sebarkan atau share artikel ini ke facebook, twitter, google plus, dll. jika memang bermanfaat!

Pencarian Terkait
al quran kecil |doa untuk menyembuhkan segala macam penyakit |al quran tajwid berwarna pdf |gambar alquran besar agak kecil |gambar quran bagus |

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...