Kunjungan Unjani Terkait Studi Pembelajaran Online

0
23

Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi yang sudah sejak lama berdiri dan fokus mengembangkan pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh. Universitas Terbuka memiliki fleksibilitas dan keterjangkauan baik dari segi tempat, waktu, dan biaya. Untuk itu, UT mampu memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena kesibukan atau alasan lain sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi secara tatap muka.

Pada Rabu, 23 November 2022 UT menerima kunjungan tim dari Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) terkait studi banding terhadap sistem pembelajaran online. Rombongan Unjani yang di dipimpin oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UNJANI Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si., terdapat 8 anggota lainnya yakni Kepala Pusat Sisfo, Humas & Admisi, Sigit Anggoro, S.T., M.T.; Kepala Biro Pelayanan Akademik, Dr. Lukman Munawar Fauzi, S.I.P., M.Si.; Kepala Biro Pelaporan & RENBANGMIK, Angga Nurdin Rachmat, S.I.P. M.A; Kepala Bagian Laboratorium Pendidikan Bersama, I Wayan Aditya Harikesa, S.I.P. M.Si.; dan Kepala Bagian Sertifikasi Profesi, Renaldo Benarrivo, S.I.P., M.Hub.Int.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT, Ir. Adi Winata, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Universitas Terbuka telah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia yaitu 39 provinsi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 430rb. UT merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang memberikan keterjangkauan biaya dan fleksibilitas dalam pembelajaran. Untuk itu, UT merupakan solusi bagi banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Kuliah di UT tentunya dituntut untuk bisa menggunakan teknologi dan internet, karena UT menerapkan Digital Learning System” ucap Pak Adi. Beliau berharap Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) juga bisa mengembangkan pembelajaran jarak jauh secara efektif nantinya.

Selanjutnya, terdapat sambutan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unjani, Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si. Beliau mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Universitas Terbuka karena bisa diberi kesempatan untuk berkunjung. Beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan rombongan  Unjani, yakni untuk benchmark terkait sistem pembelajaran online. Disampaikan, bahwa sejak adanya Pandemi Covid-19, Unjani memiliki keterhambatan dalam menjalankan proses perkuliahan secara online. Untuk itu Dr. Agus yakin, UT merupakan Universitas yang paling siap di Indonesia menerapkan pembelajaran online di tengah pandemi. Beliau berharap sistem pembelajaran jarak jauh ini dapat diterapkan juga di Unjani.

Kemudian, terdapat paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Aminudin Zuhairi, Ph.D. terkait sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mulai dari Filosofi PJJ hingga tentang implementasi PJJ itu sendiri di UT. Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc. yang menyampaikan pengembangan dan implementasi e-learning mulai dari sejarah teknologi yang digunakan oleh UT, hingga model belajar di Universitas Terbuka.

Ke depannya, UT akan terus berinovasi dan bertransformasi menjadi perguruan tinggi jarak jauh yang lebih modern dalam mengimplementasikan model pendidikan jarak jauh (PJJ) secara lebih komprehensif. Hal ini guna memberikan layanan yang lebih efektif dan berkualitas, serta untuk menjangkau akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya.

Acara dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata yang oleh Prof. Aminudin Zuhairi, Ph.D. dengan Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dan Head Office Tour untuk mengetahui lebih dalam tentang praktik dan proses bisnis pembelajaran jarak jauh secara lebih riil. Untuk itu rombongan Unjani berkesempatan berkunjung ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here