Open University Malaysia di Kantor Pusat UT

0
23

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) selama beberapa dekade terakhir telah menorehkan berbagai pengakuan dari masyarakat, baik secara nasional ataupun internasional. Salah satu pengakuan tersebut dibuktikan dengan terpilihnya kembali Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. untuk periode kedua sebagai Presiden Asian Association of Open Universities (AAOU) yang merupakan Asosiasi perguruan tinggi jarak jauh se-Asia yang sudah dibentuk pada 1997 lalu. Rekognisi internasional UT lainnya yaitu dalam bentuk jalinan kerja sama dengan institusi pendidikan tinggi dari negara lain.

Open University Malaysia (OUM) merupakan salah satu anggota AAOU yang berdiri pada tahun 2000 lalu. Presiden OUM, Assoc. Prof. Dr. Ahmad Izanee Awang beserta lima jajaran pimpinan OUM yang sedang mengikuti sebuah konferensi di Jakarta menyempatkan bertandang ke UT (8/11/2022). Kunjungan tersebut disambut baik oleh Ketua Senat, para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Ketua Biro dan para Dekan UT bertempat di gazebo, Danau UT. Pertemuan diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D, yang menyampaikan salam hangat dari Rektor UT yang sedang melakukan kunjungan kerja di Korea Selatan dan sekaligus menyampaikan penghargaan kepada Presiden OUM dan rombongan yang berkenan menyempatkan waktu bersilaturahmi ke UT.

Demikian juga, Dr. Izanee juga menyampaikan rasa bangganya menjadi bagian dari AAOU serta mengapresiasi kerja keras UT sebagai sekretariat AAOU pada periode 2020-2022 dan mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Rektor UT sebagai Presiden AAOU pada periode 2023-2025. OUM berharap kedepannya untuk dapat menjalin kerja sama yang lebih baik dengan UT dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu mempromosikan praktik pembelajaran terbuka dan jarak jauh di Asia.

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan diakhiri dengan kunjungan ke salah satu unit di UT Pusat, yaitu Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2). Pertemuan singkat kedua institusi PTTJJ tersebut membuahkan banyak cita-cita ke depan untuk lebih memperkuat jalinan kerja sama kedua institusi berupa collaborative research, staff exchange dan lecture exchange.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here