Pekan KWU FEB 2022, Persiapkan Mahasiswa Menjadi Wirausaha

0
18

image_pdf

Mahasiswa diharapkan memiliki peran besar dalam pembangunan bangsa. Salah satunya dalam bidang ekonomi, karena mahasiswa memiliki pemikiran kreatif dan inovatif. Cara yang bisa dilakukan untuk menunjang mahasiswa menjadi pengusaha adalah adanya mata kuliah wajib kewirausahaan, pameran, dan program kewirausahaan lainnya. Dengan alasan inilah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pekan Kewirausahaan bagi mahasiswanya.

Acara yang diakomodir oleh Creative Center FEB UM ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni 21-22 November 2022 di depan Gedung D10 UM. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 600 mahasiswa yang terbagi kedalam 22 offering mata kuliah kewirausahaan dan start up FEB UM serta melibatkan 12 dosen pendamping.

Wakil Dekan 1 FEB UM, Dr. Agus Hermawan, M.Bus

Menurut laporan Ketua Creative Center FEB UM, Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, M.M., produk yang dijual dalam Pekan Kewirausahaan ini sangat beragam dan itu semua asli buatan mahasiswa. “Berbagai produk dan jasa yang diikutsertakan dalam pekan kewirausahaan, diantaranya; makanan dan minuman, pakaian, sayuran organik, hand craft, cuci sepatu, tour and travel, event organizer, wedding organizer, dan konveksi pakaian. Semua ini asli buatan para mahasiswa FEB dengan kreativitas masing-masing,” ujar Pak Ludi.

Ketua Creative Center FEB UM, Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, M.M.

Lebih lanjut Ketua Creative Center juga menjelaskan bahwa pekan kewirausahaan ini selain jualan juga event perlombaan. Juri yang menilai untuk menentukan produk dan stand terbaik didatangkan dari pihak luar dan profesional. Para juri yang terlibat adalah Dr. Kukuh Lukiyanto, S.T., M.M., M.T., dari Binus University, Imanuel Osijo dari Universitas Ciputra, dan Abdi Dzil Ikram, S.E., M.M., dari Universitas Brawijaya.

Dekan FEB, Dr. Hadi Sumarsono, ST., MSi.

Disamping itu, Wakil Dekan 1 FEB UM, Dr. Agus Hermawan, M.Bus juga turut hadir dan membuka pekan kewirausahaan harapanya untuk para mahasiswa FEB UM. “Let’s Start Your Business and Be A Young Entrepreneur adalah tema yang diangkat dalam pekan wirausaha ini memiliki pesan bahwa kalian semua para mahasiswa jangan takut untuk menjadi wirausahawan dan mulailah sejak dini. Karena menurut data yang saya baca, jumlah wirausahawan di Indonesia hanya sebanyak 2,5%, ini adalah jumlah yang rendah dibanding dengan para negara tetangga seperti singapura yang mencapai 6%,” tutut Wakil Dekan 1.

Acara pembukaan ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Dekan FEB, Dr. Hadi Sumarsono, ST., MSi., Wakil Dekan 1 dan Ketua Creative Center FEB dilanjutkan dengan kunjungan dan penilaian ke setiap stand yang ada. Pameran yang akan dilaksanakan selama dua hari ini mendapatkan banyak antusias dari para pengunjung yang hadir.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here