Presentasi Bakal Calon Dekan FHISIP UT Periode 2022-2026

0
24

Pada Rabu, 9 November 2022 Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan seleksi calon pejabat untuk posisi Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Pemerintahan (FHISIP) periode 2022-2026. Acara dilaksanakan di Wisma 2 lantai 1. Terdapat 5 (lima) Bakal Calon Dekan FHISIP yang melaksanakan seleksi tahap presentasi yakni, Dr. Sofjan Aripin, M.Si., Muhammad Husni Arifin, M.Si., Ph.D., Dr. Iqbal Miftakhul Mujtahid, M.Si., Prof. Dr. Karnedi, M.A., dan Dr. Siti Aisyah, M.Si.

Ketua Senat Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. resmi membuka acara pemilihan bakal calon Dekan FHISIP 2022-2026. Beliau mengapresiasi untuk semua bakal calon Dekan FHISIP atas ketersediaannya untuk bisa menyampaikan gagasannya yang nantinya akan direkomendasikan kepada Rektor untuk memimpin FHISIP 5 (lima) tahun ke depan. Dalam pelaksanaan presentasi, terdapat 4 (empat) orang panitia seleksi yakni, Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si., Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., Anto Hidayat, S.IP., M.Si.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Dr. Sofjan Aripin, M.Si. yang membahas mengenai Penguatan Kewibawaan Akademik dalam Transformasi PTN-BH. Beliau menyampaikan Visi yaitu untuk dapat mewujudkan eksistensi Prodi-Prodi di FHISIP yang mandiri di era akademik, dan Misi: 1) Menjadi produk pembelajaran yang adaptif, 2) Hasil karya ilmiah bermakna konseptual dan pragmatis, 3) Terdesiminasi dan terimplementasi produk akademik bagi kehidupan masyarakat.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Muhammad Husni Arifin, M.Si., Ph.D. dengan tema Bersinergi Mewujudkan FHISIP UT yang Lebih Inovatif dan Bereputasi Unggul. Beliau menyampaikan 9 program strategis yang akan diwujudkan, diantaranya dalam hal: Akademik dan Kemahasiswaan, Penelitian, Penguatan Manajemen, SDM, Layanan Kemahasiswaan, Keuangan, Budaya Kerja Unggul, Kerjasama, dan Sistem Informasi Manajemen.

Pemaparan ketiga disampaikan oleh Dr. Iqbal Miftakhul Mujtahid, M.Si. mengenai Sinergitas UT PTN-BH. Dalam pemaparannya Iqbal menjelaskan beberapa strateginya dalam istilah turn around, culture and creativity, make it difference dan don’t stop. Kemudian terdapat penyampaian mengenai solusi harmoni UT PTN-BH untuk dapat satu frekuensi, memiliki kesabaran, kerja keras, dan strategi.

Pemaparan keempat disampaikan oleh Prof. Dr. Karnedi, M.A. Dalam paparannya beliau memiliki Visi: Faculty’s Vital Roles in Assuring Future Sustainability Challenges Faced by UT as PTN-BH, serta Misi : 1) Faculty’s vital roles in achieving HIGH academic quality and GOOD reputation in DE system. 2) Assuring future sustainability challenges faced by UT as PTN-BH.

Kemudian, pemaparan terakhir disampaikan oleh Dr. Siti Aisyah, M.Si. Beliau menyampaikan visi dan misinya dalam paparannya yaitu, Visi: Menjadi Fakultas Unggul yang Lincah dalam Menghasilkan Produk Akademik yang Berdaya Saing dan Mengembangkan Ilmu Pengetahuan di Bidang Hukum, Sosial, dan Politik sebagai Upaya Mewujudkan Keadilan Sosial bagi Masyarakat, serta Misi : 1) Menyediakan akses pendidikan yang tinggi berkualitas dunia, 2) menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi, 3) Menghasilkan produk akademik berkualitas, 4) Mengembangkan penelitian, dan 5) Memanfaatkan hasil kajian keilmuan.

Penilaian kelayakan dan kepatutan Bakal Calon Dekan FHISIP Periode 2022-2026 yang beragendakan Presentasi tentang visi, misi, dan program kerja, berikut wawancara tersebut berjalan lancar dan tertib. Tahapan selanjutnya adalah penyerahan hasil penilaian Calon Dekan kepada Rektor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here