Susun Strategi dengan Workshop Penyusunan Peta Risiko dan Manajemen Risiko tahun 2023

0
18

image_pdf

Salah satu langkah untuk mengantisipasi hal buruk dan efisiensi dalam bekerja diperlukan sebuah strategi. Hal inilah yang menjadikan alasan diadakannya Workshop Penyusunan Peta Risiko dan Manajemen Risiko Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2023. Acara ini dilaksanakan secara langsung di Aula Lantai 9 Graha Rektorat pada Selasa (08/11) dengan menghadirkan dua pemateri dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dari Jawa Timur, yakni: Tantawi Haris dan Fransisca Rina Suryani.

Acara yang diakomodir oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) ini mengundang beberapa perwakilan dari tiap-tiap fakultas, lembaga dan unit yang ada di UM. Dalam sambutannya, Ketua SPI, Dr. H Agung Haryono, S.E., M.P., Ak., menyampaikan bahwa workshop yang akan dilaksanakan selama dua hari ini sangat penting, karena sebagai pijakan UM untuk melangkah di tahun depan.

“Jadi apa yang dihasilkan dari workshop yang bapak ibu lakukan selama dua hari ini akan menjadi pijakan SPI untuk menyusun program kerja. Apa yang akan terjadi di depan, tujuannya untuk apa, kemungkinan dan hambatan apa yang akan ditemui telah diprediksi oleh bapak ibu semua. Karena memang sebuah program kerja itu seharusnya berbasis risiko,” ujar Dr. Agung.

“Kalau sudah ketemu resikonya maka bisa diantisipasi atau dicarikan solusi, bisa jadi sampai memindahkan suatu kegiatan itu dengan kegiatan lain yang memiliki tujuan sama namun dengan resiko yang lebih sedikit. Hal seperti ini harus kita petakan agar tahun depan, UM lebih baik,” lanjut Ketua SPI.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd yang menyampaikan betapa pentingnya acara ini dilaksanakan. “Acara workshop ini memang harus dilakukan karena hidup adalah berhadapan dengan risiko. Ada banyak hal buruk yang menimpa kita dikarenakan kita tidak tahu. Karena terkadang apa yang kita anggap baik belum tentu baik, pun sebaliknya,” ungkap Pak Rektor.

Sambutan ini ditutup dengan kutipan yang diambil dari salah satu karya Pramoedya Ananta Toer “Kejahatan dimulai dari pikiran”. Dengan maksud Pak Rektor mengajak seluruh sivitas akademika UM untuk baik dan sehat mulai dari pikiran hingga tubuhnya.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here