Tingkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Baru, Formadiksi UM Gelar SCDP 2022

0
19

image_pdf

Forum Mahasiswa Bidik Misi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sukses selenggarakan Students’ Capacity Development Program (SCDP) Tahun 2022. SCDP 2022 ini diadakan untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kampus Merdeka (KIP-KM), serta luaskan pengetahuan mengenai hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh penerima KIP-KM. Kegiatan dilakukan pada Sabtu-Minggu (5—6/11) di gedung Graha Cakrawala UM dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi UM dan Formadiksi UM.

Ketua pelaksana SCDP 2022, Gus Farid Arya Efendi menjelaskan SCDP adalah salah satu program kerja rutin Formadiksi UM yang telah dilakukan sejak tahun 2016. Kali ini tema yang diusung adalah ’Bersinergi Wujudkan Aksi Meraih Mimpi dalam Harmoni’. Farid berharap para mahasiswa baru penerima KIP-KM dapat saling mengenal dan wujudkan cita-cita bersama, meskipun berasal dari fakultas yang berbeda. Ketua Formadiksi UM, Taufik Yuhana juga menambahkan, selain untuk meningkatkan motivasi berprestasi demi mengharumkan nama UM baik di kancah nasional maupun internasional, SCDP diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi bagi para mahasiswa baru.

Wiwid Nurachmawati, S.P., selaku pendamping teknis Formadiksi UM turut memberikan pesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk manfaatkan kesempatan ini, agar paham secara dalam mengenai hak dan kewajiban penerima KIP-KM. ”Semoga SCDP ini dapat memberi pembekalan dan manfaat yang bisa menjadikan adik-adik lebih semangat untuk meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non-akademik,” ungkap Bu Wiwid.

Dalam kesempatan yang sama,  Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D., menghimbau untuk seluruh mahasiswa UM untuk tidak memandang rendah dirinya sendiri. Beliau berharap, nantinya mahasiswa UM dapat terus belajar dan meningkatkan derajatnya di dunia pendidikan. ”Mahasiswa UM harus menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kapabilitas yang baik, agar bisa menjadi penyebar-penyebar akademik di seluruh Indonesia,” pesan Pak Hendra sebelum membuka SCDP 2022 secara resmi.

SCDP 2022 mendatangkan dua pembicara yang ahli di bidangnya, yakni Ryan Singgih Prabowo, S.Pd., M.Si yang memberikan motivasi kepada para peserta untuk tingkatkan prestasi di bangku perkuliahan dan Dr. Sony Hartono Wijaya yang menyampaikan tentang hak dan kewajiban penerima KIP-KM. ”Penerima KIP-KM bukanlah orang tidak punya seperti yang dikatakan orang-orang, melainkan mahasiswa berprestasi yang akan menerangkan dan meningkatkan martabat bangsa kita,” ujar Ryan.

”Fasilitas yang didapatkan alangkah baiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Yakinlah bahwa prodi yang anda pilih adalah prodi terbaik untuk anda saat ini, jadi tolong dijalankan semaksimal mungkin. Kewajiban adik-adik hanya satu, yaitu lulus tepat waktu,” pungkas Dr. Sony.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here