UNUD ke UT Pusat Tertarik Mengenal Aplikasi Pengadaan Barang dan Jasa UT

0
22

Saat ini Universitas Terbuka (UT) telah beralih status menjadi PTN Badan Hukum (PTNBH) dari yang sebelumnya berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). Banyak hal yang perlu diperhatikan UT setelah PTNBH, khususnya terkait tata kelola organisasi dan keuangan. UT telah mengembangkan berbagai perangkat dan aplikasi untuk terwujudnya tata kelola keuangan yang akuntabel, sehingga banyak Perguruan Tinggi lain tertarik mengenal aplikasi-aplikasi tersebut termasuk aplikasi pengadaan barang dan jasa.

Pada Senin 21 November 2022, Unit Pengadaan Barang Jasa Universitas Terbuka (UPBJ-UT) menerima kunjungan Universitas Udayana dalam rangka penyusunan Peraturan Rektor tentang pengadaan barang/jasa. Acara bertempat di UT Pusat Ruang Sidang UPBJ.

Kunjungan dihadiri oleh Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. selaku Kepala Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. selaku Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa pada UPBJ UT. Sedangkan yag hadir dari pihak Universitas Udayana yakni: Kepala Biro Umum, Ni Made Pertami Susilawati; Pejabat Pembuat Komitmen Non Konstruksi, Ni Luh Putu Wiagustini; Koordinator Barang Milik Negara pada Biro Umum, I Dewa Made Ary Swanjay; Koordinator Tata Usaha, Rumah Tangga, dan Tata Laksana pada Biro Umum, I Wayan Gayun Widharma; Pejabat Pembuat Komitmen Konstruksi Jasa, Sub Koordinator Perencanaan Program dan Penganggaran pada Biro Perencanaan dan Keuangan, Putu Eka Putrawan Yuliana; Sub Koordinator Tata Usaha pada UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi, I Gusti Putu Hendra Indrawan; Sekretaris Bidang Bidang Pengembangan dan Integrasi Sistem Informasi, I Wayan Shandyasa; Sub Koordinator Akuntansi dan Pelaporan Barang Milik Negara pada Biro Umum, I Ketut Diana Adh; dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Hukum/Tim Legal Drafting, Anak Agung Istri Ari Atu Dewi, beserta para staff dari Universitas Udayana.

Acara diawali oleh pembukaan yang sekaligus terdapat pemaparan materi yang disampaikan oleh Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. selaku Kepala Unit Pengadaan Barang dan Jasa. Dalam paparannya beliau menjelaskan terkait tahapan implementasi peraturan rektor, serta proses pengadaan, peraturan yang mendukung dalam berjalannya pengadaan barang dan jasa di Universitas Terbuka. Kemudian, terdapat pemaparan materi dari Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. yang memaparkan teknik aplikasi procurement information system (ProMISe), serta Sistem Informasi Perencanaan Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan (SIPPP). Beliau juga menampilkan beberapa gambaran video tutorial penggunaan ProMISe yang dapat mempermudah para pegawai, karena menurutnya para pegawai tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari hal tersebut apalagi dalam bentuk tulisan di media cetak.

Pemaparan terus berlanjut dengan sesi diskusi yang berlangsung secara antusias antara perwakilan dari Universitas Udayana dengan Unit Pengadaan Barang/Jasa Universitas Terbuka (UPBJ-UT). Acara kunjungan secara luring ini dilaksanakan dengan protocol kesehatan yang ditetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here