UT Tingkatkan Kualitas Organisasi dengan Pelantikan Pejabat

0
22

Sebagai institusi pendidikan tinggi, Universitas Terbuka (UT) selalu mengutamakan kualitas layanannya. Salah satu faktor penting dalam memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Segala proses, sistem, dan produk UT pun tidak dapat dihasilkan dengan baik tanpa adanya SDM berkualitas yang menginisiasikan serta mengoperasikan seluruh bagian dari proses bisnis UT tersebut. Karena hal ini, UT selalu melakukan pengembangan pada organisasinya, salah satunya dengan mengangkat, memberi tugas tambahan, juga melantik pejabat dan dosen di lingkungan UT.

Pada Senin (14/11/2022), UT melantik beberapa pejabat dan dosen yang dilaksanakan secara terbatas di UTCC Kantor Pusat UT Pondok Cabe. Pelantikan ini dihadiri oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., bersama jajaran Wakil Rektor, para pimpinan UT Pusat, serta dihadiri pula oleh Rohaniwan, juga Dharma Wanita pendamping pejabat. Pelantikan pejabat dan dosen ini semakin mengokohkan organisasi UT secara keseluruhan serta diharapkan dapat meningkatkan lagi kinerja unit dan organisasi secara keseluruhan.

Sebanyak 5 (lima) pejabat dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5574 s.d. 5577/MPK/UN31/HK.02/2022 dan Nomor 5581 s.d. 5582/MPL/UN31/HK.02/2022. Surat Keputusan tersebut menetapkan untuk memberi tugas tambahan/jabatan masa jabatan 2022-2026 kepada:

  1. Muhammad Husni Arifin, Ph.D. sebagai Dekan FHISIP-
  2. Inggit Winarni, M.Si. sebagai Wadek Bidang Keuangan dan Umum pada FST-UT.
  3. Olivia Idrus, M.Sc. sebagai Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama pada FE-UT.
  4. Shine Pintor Siolemba Patiro sebagai Kajur Pascasarjana Ekonomi dan Bisnis dan Mengelola Program Magister Manajemen Bidang Minat SDM dan Prodi DIM pada FE-UT masa jabatan sampai dengan 29 Oktober 2025.
  5. Yana Andriana, S.T. sebagai Kasubbag TU pada UPT UPBJJ-UT Pangkalpinang.

Selain pelantikan pejabat, dilaksanakan pula pengangkatan jabatan akademik/fungsional dosen  berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 18220/S/07/2022 dan Nomor 27052/S/07/2022, menetapkan untuk mengangkat dalam jabatan akademik/fungsional dosen nama-nama sebagai berikut:

  1. Edy Fitriawan Syahadat, M.Si. sebagai Asisten Ahli FE-UT pada UPBJJ-UT Sorong.
  2. Michel Jacson Nalawo Potolau, M.AP. sebagai Asisten Ahli FHISIP-UT pada UPBJJ-UT Sorong.

Selanjutnya terdapat 11 nama yang juga diangkat dalam jabatan akademik/fungsional dosen berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset,  dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 3707 s.d. 3716/MPK/UN31/HK.02/2022; Nomor 3799 s.d. 3380/MPK/UN31/HK.02/2022; dan  Nomor 3852/MPK/UN31/HK.02/2022. Berikut nama-nama tersebut:

  1. Sakina Nusarifa Tantri, M.Sc. sebagai Asisten Ahli pada FE-UT.
  2. Eka Wirajuang Daurrohmah, M.Ak. sebagai Asisten Ahli pada FE-UT.
  3. Pesi Suryani, M.Ak. sebagai Asisten Ahli pada FE-UT.
  4. Lasando Lumban Gaol, M.Si., Ak. sebagai Asisten Ahli pada
    FE-UT.
  5. Antares Firman, M.Prof.Acc. sebagai Asisten Ahli pada FE-UT.
  6. Eli Budi Santoso, M.S.Ak., Akt., C.A. sebagai Asisten Ahli FE-UT pada UPBJJ-UT Bandar Lampung.
  7. Dwi Putranto Riau sebagai Lektor pada FHISIP-UT.
  8. Lulus Sugeng Triandika, M.I.Kom. sebagai Asisten Ahli
    FHISIP-UT pada UPBJJ-UT Malang.
  9. Ulul Hidayah, M.Si. sebagai Asisten Ahli pada FST -UT.
  10. Selly Anastassia Amellia Kharis, M.Si. sebagai Asisten Ahli
    FST-UT pada UPBJJ-UT Jakarta.
  11. Zakirman, S.Pd., M.Pd. sebagai Lektor pada FKIP-UT.

Terakhir, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Terbuka Nomor 5573/UN31/HK.02/2022, memutuskan untuk memberi tugas tambahan masa jabatan 2022-2026 kepada Adrian Sutawijaya, M.Si.  sebagai Kepala Unit Pengadaan Barang Jasa UT (UPBJ-UT).

Pengangkatan dan pelantikan pejabat serta dosen ini merupakan gambaran komitmen UT dalam terus meningkatkan kualitas layanannya. Di era baru UT sebagai PTN-BH, diharapkan pula para pejabat dan dosen yang dilantik dapat semakin gesit dan berkomitmen untuk menjawab tantangan-tantangan baru yang akan dihadapi UT dengan transformasi ke PTN-BH ini. Pelantikan pejabat dan dosen merupakan hal yang sakral yang mengandung makna keterikatan yang kuat, sehingga melalui upacara ini, diharapkan para pemangku tugas tersebut dapat menjalankan amanahnya dengan menjunjung etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here